Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Mitsubishi XForce dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Lengkap?

Kompas.com - 13/08/2023, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Persaingan mobil segmen B Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini semakin ketat. Terlebih setelah kehadiran Mitsubishi XForce yang baru saja meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Jika melihat dari sisi harga, varian tertinggi XForce (Ultimate) yang dibanderol dengan harga Rp 412,9 juta, bersinggungan langsung dengan Honda HR-V SE CVT yang dibanderol sedikit lebih murah yakni Rp 416,1 juta.

Jika sebelumnya tim redaksi sudah membahas tentang perbandingan eksterior, interior dan performa. Kini saatnya membahas fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh kedua SUV ringkas ini.

Baca juga: Pertama Kali di Indonesia, Honda Pamerkan Mobil Konsep SUV e:Prototype

Kita awali dengan yang dimiliki Mitsubishi XForce. SUV baru Mitsubishi ini mengusung teknologi modern pada sektor hiburannya.

XForce dibekali layar head unit 12,3 inci yang bisa tersambung dengan Smartphone-link Display Audio, Android Auto, dan Apple CarPlay, di padukan dengan layar MID berukuran 8 inci yang user-friendly.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Adapun untuk pengaturan AC sudah dual zone, sehingga memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk menyetel suhu yang berbeda.

Untuk mengakses fitur pada head unit juga bisa dioperasikan melalui pengaturan di lingkar kemudi.

Mobil ini sudah dibekali dengan empat mode berkendara yang sudah disesuaikan dengan jalan yang ada di Indonesia, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Mode Wet khusus diperkenalkan Mitsubishi untuk pertama kalinya pada XForce, khusus dikembangkan untuk pelanggan yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi seperti di kawasan ASEAN.

Mode ini diklaim bisa menghasilkan pengendalian lurus yang konsisten bahkan saat melewati jalan yang tergenang air cukup dalam dan kemampuan menikung yang stabil saat cuaca hujan deras.

Baca juga: Spesifikasi Body Avante D2 Facelift Punya Karoseri Tentrem

Tak hanya itu, XForce juga sudah dibekali dengan audio premium Dynamic Sound Yamaha, dilengkapi dengan 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

Sayangnya, Mitsubishi XForce belum dibekali sunroof atau panoramic roof seperti yang sudah disematkan pada Honda HR-V.

Sementara untuk fitur keselamatan XForce dilengkapi dengan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan sebagainya.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Adapun untuk Honda HR-V dibekali layar 7 inci, head unit ini dapat terkoneksi radio, bluetooth, hands-free telephone, voice command switch, USB player, serta koneksi smartphone dengan tambahan kabel untuk mirroring.

Baca juga: Adu Performa Mitsubishi XForce vs Honda HR-V, Siapa Lebih Unggul?

Tak berbeda dengan XForce, pengemudi Honda HR-V juga bisa mengakses fitur yang ada pada head unit melalui pengaturan di lingkar kemudi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com