Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iring-iringan Mobil Pengawal Wapres AS, Pakai Chevrolet Suburban

Kompas.com - 07/09/2023, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris turut hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. Orang nomor dua di AS ini terlihat tidak menggunakan The Beast.

Untuk diketahui, The Beast adalah julukan untuk Cadillac One. Limosin tersebut biasanya digunakan untuk mobilisasi rombongan presiden dan wakil presiden jika melalui jalur darat.

Baca juga: Hari Terakhir KTT ASEAN, Berikut Rute Alternatif yang Bisa Dilalui

Pada unggahan di media sosial TikTok oleh akun @aboico, terlihat rombongan Wapres AS tidak menggunakan limosin tersebut. Namun, mengandalkan Chevrolet Suburban.

@aboico

Terima kasih sudah datang Ibu Wakil Presiden Amerika Serikat.

? original sound - Abby Marcel | ABOICO

Tidak kurang dari 25 mobil dalam satu rombongan tersebut. Sebagian disediakan oleh pemerintah, seperti Hyundai Ioniq 5 dan Toyota HiAce, serta beberapa unit ambulans.

Pada video yang diunggah oleh pembuat konten Supercar Blondie, dijelaskan mengenai barikade pengawalan kepresidenan AS. Rombongan pengawalan tersebut hanya memiliki satu tujuan, yakni menjaga agar Presiden atau Wapres AS tetap selamat.

Baca juga: Daftar Kendaraan Listrik yang Dipakai Selama KTT Ke-43 ASEAN Jakarta

Untuk rombongan Wapres AS di Indonesia, terlihat membawa enam unit Suburban. Beberapa sport utility vehicle (SUV) tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda.

Iring-iringan rombongan Wapres AS untuk KTT ASEAN di JakartaDok. @aboico Iring-iringan rombongan Wapres AS untuk KTT ASEAN di Jakarta

Dua unit disebut dengan Halfback dan Cat Car. Halfback memiliki tugas untuk melindungi Wapres AS. Sedangkan Cat Car, yang akan melawan bahaya tersebut.

Kemudian, terdapat juga unit yang disebut Control Car. Mobil ini berisikan orang-orang yang tak kalah penting, seperti pembantu militer dan dokter pribadi kepresidenan.

Iring-iringan mobil pengawal Presiden ASDok. BBC Iring-iringan mobil pengawal Presiden AS

Kemudian, terdapat pula satu unit mobil van yang bertugas khusus untuk menanggulangi jika ada serangan biokimia terhadap Wapres AS.

Menurut Secret Service, pasukan pengaman kepresidenan AS, perjalanan darat menggunakan mobil dianggap paling rentan. Sehingga, iring-iringan mobil ini dilakukan dengan penjagaan yang sangat ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com