Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penutupan Jalan di Jakarta Sore Ini karena KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 06/09/2023, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas. Utamanya di beberapa lokasi yang menjadi pusat kegiatan dan tempat menginap para delegasi.

Setelah melakukan penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan pada Rabu (6/9/2023) pagi pukul 08.00-10.00 WIB, Polda Metro Jaya bakal melakukan hal yang sama pada pukul 16.00-18.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, rekayasa lalu lintas berlaku di Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman, sepanjang jalan HR Rasuna Said, dan sepanjang Jalan Gatot Subroto.

Baca juga: Sesekali Pakai BBM Oktan Tinggi Bisa Bersihkan Ruang Mesin?

Ilustrasi penutupan jalan ketika rombongan delegasi KTT ASEAN ke-43 di Jakarta melintasKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi penutupan jalan ketika rombongan delegasi KTT ASEAN ke-43 di Jakarta melintas

Menurutnya, arus lalu lintas di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman akan disterilkan sementara. Penutupan dilakukan dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

“Jalur Sudirman betul-betul untuk sementara prioritas tamu negara begitu juga yang ada di Bundaran Senayan,” ucap Latif, dilansir dari NTMC Polri (6/9/2023).

“Orang yang dari Jalan Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono, sampai masuk ke Permata Hijau. Permata Hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang sampai pusat kota,” kata dia.

Baca juga: Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Cek Pilihan Motor Listrik di Bawah Rp 10 Juta

Kemudian, rekayasa lalu lintas juga terjadi di Jalan HR Rasuna Said yang juga menjadi prioritas dengan dilakukan sterilisasi, baik dari arah Mampang Prapatan maupun sebaliknya.

Nantinya kendaraan dari arah Mampang Prapatan akan dibelokkan ke kiri dan ke kanan menuju Jalan Kapten Tendean. Sementara kendaraan dari arah Pancoran arah Rasuna Said akan dibelokkan ke kiri untuk mencari alternatif jalan lain.

“Untuk di Kuningan, tidak ada yang boleh masuk ke Jalan HR Rasuna Said, karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut,” kata Latif.

Baca juga: Daftar Harga Motor Sport 250 cc Bekas, Ninja mulai Rp 13 Jutaan

BMW Indonesia Dukung Perhelatan KTT ke-43 ASEAN PLUS 2023 Dengan BMW i7 Sebagai Sustainable Mobility Partner.BMW Indonesia BMW Indonesia Dukung Perhelatan KTT ke-43 ASEAN PLUS 2023 Dengan BMW i7 Sebagai Sustainable Mobility Partner.

“Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri. Begitu juga arah yang dari Jalan Tendean, yang biasanya lewat terowongan akan kita belokkan ke kanan maupun ke kiri,” ujar dia.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan di sepanjang Jalan Gatot Subroto yang menjadi lintasan para delegasi negara. Penutupan dilakukan dari TL Kuningan hingga TL Slipi.

Untuk kendaraan roda empat dari arah Cawang menuju ke arah Slipi akan diarahkan untuk masuk ke jalan tol. Sementara untuk roda dua akan dibelokkan ke kiri ke arah Mampang Prapatan.

Baca juga: Kendaraan Lolos Uji Emisi Dapat Sertifikat Hijau, Berlaku 1 Tahun

Rekayasa lalu lintas pada hari pembukaan KTT ASEAN ke-43 di Jakartadok.Kemenhub Rekayasa lalu lintas pada hari pembukaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Selain itu, kendaraan dari arah Pasar Minggu yang hendak menuju Jalan Gatot Subroto diluruskan menuju Tebet.

“Sehingga, arah arus yang dari timur, Cawang, dari Bekasi untuk kendaraan roda empat akan kita masukkan lewat Tebet 1 untuk masuk tol agar tidak masuk ke Kuningan,” ucap Latif.

“Untuk roda dua, yang akan menuju kegiatan di daerah kota, yang dari Pasar Minggu akan kita luruskan lewat Tebet, untuk roda empat akan kita masukkan ke tol,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com