Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bZ4X Kembali Tugas Negara, Jadi Mobil Delegasi KTT ASEAN

Kompas.com - 06/09/2023, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali berpartisipasi pada gelaran kenegaraan, yakni Konferensi Tingkat TInggi (KTT) ASEAN ke-43 yang dilaksanakan di Jakarta, 5-7 September 2023.

Total, sebanyak 76 unit bZ4X yang dipinjamkan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk dipakai sebagai alat transportasi kepala negara dan tamu delegasi.

Penggunaan kendaraan listrik yang dipasarkan seharga Rp 1,19 miliar ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060, salah satunya melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

Baca juga: Bicara Kemungkinan Honda Elevate Dijual di Indonesia

Toyota bZ4X kembali menjadi mobil kenegaraan pada KTT ASEAN 2023dok.TAM Toyota bZ4X kembali menjadi mobil kenegaraan pada KTT ASEAN 2023

"Terimakasih kepada Pemerintah Indonesia yang sekali lagi telah memberikan kepercayaan kepada Toyota untuk mendukung acara kenegaraan, ASEAN Summit 2023, dengan solusi mobilitas bebas emisi lewat bZ4X," kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy pada keterangannya, Rabu (6/9/2023).

"Di tengah cuaca ekstrem yang tengah melanda Jakarta kini, kita sebagai bagian dari industri otomotif juga berupaya memberikan kontribusi maksimal untuk menjaga kualitas hidup masyaraka melalui kendaraan bebas emisi," lanjutnya.

Sejalan dengan itu pula, Toyota Indonesia juga mengadakan program uji emisi gratis di seluruh dealer Toyota di Jakarta.

Diketahui, bZ4X dibekali dengan motor AC synchronous electric generator yang mampu menghasilkan output maksimum 150 kW dan torsi maksimum 266,3 Nm.

Baca juga: Daftar Harga Ban Motor per September 2023

Toyota bZ4X kembali menjadi mobil kenegaraan pada KTT ASEAN 2023dok.TAM Toyota bZ4X kembali menjadi mobil kenegaraan pada KTT ASEAN 2023

Untuk akselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 8,3 detik, menjadikan Toyota bZ4X kendaraan listrik dengan performa yang tangguh.

Menariknya, jarak tempuh kendaraan tersebut dalam sekali pengisian penuh mencapai 500 kilometer. Sementara pengisian dayanya hanya membutuhkan waktu cukup ringkas yaitu 2-3 jam saja, sehingga cocok digunakan dalam agenda kenegaraan.

Belum lagi bZ4X juga dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih untuk memastikan pengemudi dan penumpang tetap aman serta nyaman. Beberapa di antaranya ialah Vehicle Stability Control (VSC), hill start assist, blind spot monitoring, clearance sonar, sampai parking support brake.

Mobil juga dilengkapi dengan sistem SRS Airbag pada Front Driver Airbags + Passenger Airbags, Curtain Shield Airbag (CSA), Front Side (FS), Front Center Airbag (FCAB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com