Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.056 Mobil Mercy Parade di Sirkuit Sentul Dapat Rekor MURI

Kompas.com - 02/09/2023, 19:00 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Mercedes Benz Club Indonesia mencatatkan sejarah baru di ajang Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Sabtu (2/9/2023).

Sejarah itu diukir melalui pemecahan rekor MURI, berupa parade sebanyak 1.056 kendaraan Mercy dari beragam varian di lintasan sirkuit Sentul pada Sabtu sore.

Atas pencapaian tersebut, Museum Rekor Indonesia mencatatkan Mercedes Benz Club Indonesia sebagai pemegang Victory Lap oleh Mobil Satu Merek Terbanyak.

Secara simbolis, mobil yang mengikuti parade dilepas terlebih dulu oleh Bambang Soesatyo, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), dengan didampingi I Made Yoga Mahardhika, Presiden Mercedes Benz Club Indonesia, beserta jajaran pengurus lainnya

Baca juga: Soal Aturan Uji Emisi, Komunitas Motuba Mercedes Benz Mengaku Tidak Takut

Mercedes Benz Club Indonesia pecahkan rekor MURI, lakukan victory lap di Sirkuit Sentul dengan lebih dari 1.000 mobil MercyMercedes Benz Club Indonesia Mercedes Benz Club Indonesia pecahkan rekor MURI, lakukan victory lap di Sirkuit Sentul dengan lebih dari 1.000 mobil Mercy

Mobil yang dilepas juga ditunggangi oleh para pebalap nasional, yakni Tomi Hadi, Ade Hendra dan Arie Aumos.

Yoga Mahardhika mengatakan, peserta yang ambil bagian di parade mayoritas berasal dari Jabodetabek. Namun dari luar kota juga terlibat, seperti Medan, Padang, Surabaya hingga Bali.

“MB Club INA membawahi 112 klub dan mobilnya dari seluruh tipe, mulai klasik sampai generasi terbaru. Kita semua kumpul di sini untuk mengikuti parade sekaligus pemecahan rekor MURI,” kata Yoga Mahardhika saat berbincang dengan awak media, Sabtu (2/9/2023).

Dia bercerita, mulanya pengurus menargetkan parade hanya 500 kendaraan saja. Namun setelah informasi disebar melalui grup WhatsApp dan media sosial, hanya dalam dua minggu, peminatnya membludak.

Baca juga: Tilang Uji Emisi, Polisi Akui Incar Mobil Tua

Pembukaan Indonesia Auto Speed Festival di sirkuit SentulKompas.com/Daafa Alhaqqy Pembukaan Indonesia Auto Speed Festival di sirkuit Sentul

“Respons mereka sangat positif untuk datang ke acara. Mereka ingin jadi bagian sejarah untuk mencatatkan rekor MURI,” ujar Yoga.

Mengenai mobil klasik yang terlibat, pihaknya memastikan kendaraannya sangat terawat, sehingga tak menimbulkan polusi udara.

“Dengan adanya acara seperti ini bisa menjadi ajang silaturahmi antar anggota. Banyak hal positif yang kita dapatkan, semua member berkumpul untuk mempererat tali silaturahmi karena ini tidak boleh putus,” terang Yoga.

Selain menggelar IASF 2023 yang bekerjasama dengan Jakarta Storm Speed (JSS), dan Gazpoll Racing Team, Mercedes Benz Club Indonesia juga berencana menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) pada pertengahan November 2023 mendatang.

Baca juga: Indonesia Auto Speed Festival Resmi Digelar di Sirkuit Sentul

Potret angkasa Sirkuit Sentul, BogorMercedes Benz Club Indonesia Potret angkasa Sirkuit Sentul, Bogor

Yoga menjelaskan, prosesi dan lokasi pasti yang menjadi titik kumpul Jambore Nasional masih dicari, dan rencananya diumumkan dalam waktu dekat.

“Bagi regional area yang mengajukan tuan rumah Jambore silakan. Bidding dalam 10 hari kedepan,” kata Yoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com