Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hybrid Ini Lulus Uji Emisi di Lokasi Razia

Kompas.com - 01/09/2023, 12:44 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polda Metro Jaya mulai melakukan razia uji emisi di sejumlah titik di DKI Jakarta.

Aturan tersebut digencarkan dengan satu tujuan, yakni mengurangi emisi gas buang yang diklaim turut menjadi penyumbang polusi udara di Ibu Kota.

Beberapa pengguna kendaraan tampak sudah melakukan pengujian emisi di lokasi razia Terminal Blok M, Jakarta Selatan. Salah satunya pengguna Toyota Camry Hybrid 2020 yang dinyatakan lulus.

Teguh dari BP Tapera, pengendara Toyota Camry Hybrid mengatakan mobilnya berhasil lulus setelah melakukan uji emisi di lokasi razia.

Baca juga: Hari Pertama Tilang Uji Emisi di Jakarta, Ini 6 Titik Razia Polisi

Toyota Camry Hybrid ini lulus uji emisi di lokasi razia Terminal Blok MKompas.com/Sendy Toyota Camry Hybrid ini lulus uji emisi di lokasi razia Terminal Blok M

“Begitu mengetahui beritanya tadi pagi di radio, saya bertekad bila nanti ada pengujian emisi langsung mau coba, hasilnya lulus,” ucap Teguh kepada Kompas.com, Jumat (1/9/2023).

Teguh mengatakan program razia uji emisi ini bagus dilaksanakan agar setiap pengguna bisa mengetahui kadar emisi gas buang dari kendaraan yang digunakan.

“Setidaknya pengguna menjadi tahu, seperti apa sih kadar emisi gas buang yang ada pada mobil, kebetulan mobil saya sudah pakai teknologi hybrid,” ucap Teguh.

Baca juga: Razia Uji Emisi Kendaraan Diberlakukan di Taman Anggrek

Sebagai tambahan informasi, Toyota Camry hybrid 2020 ini dibekali mesin 2.500 cc, DOHC 4 silinder segaris dipadukan dengan motor listrik.

Berdasarkan data di atas kertas, mobil seharga Rp 800 jutaan dalam kondisi baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 205 Tk pada 5.600 Rpm serta torsi 205 Nm pada 4.800 Rpm.

Mobil sedan ini tentu sudah dilengkapi teknologi modern dalam mengolah emisi gas buang seperti adanya catalytic converter dan sistem injeksi modern sehingga dipastikan pembakaran terjadi lebih sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com