Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Kembangkan Fast Charger Sendiri, Rilis Akhir 2023

Kompas.com - 31/08/2023, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai terus menambah jajaran model mobil listriknya. Untuk memperkuat ekosistemnya, pabrikan asal Korea Selatan ini juga mengembangkan alat pengisian daya cepat atau fast charger untuk mobil listriknya.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Kamis (31/8/2023), langkah ini diambil karena lambatnya peluncuran dan mahalnya biaya untuk mendapatkan perangkat ini dari pemasok dan produsen pihak ketiga.

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 6 Resmi Meluncur di Indonesia

Alat pengisian daya dengan arus DC ini dinamakan Blue Plug. Daya yang dialirkan bisa mencapai 350 kW. Hyundai Motor Group (HMG) berencana memproduksinya untuk ketiga merek yang dipayunginya, yakni Hyundai, Kia, dan Genesis.

Hyundai Motor Group (HMG) akan meluncurkan alat pengisian daya cepat DC yang diberi nama Blue PlugDok. Autoindustriya.com Hyundai Motor Group (HMG) akan meluncurkan alat pengisian daya cepat DC yang diberi nama Blue Plug

Rencananya, Blue Plug akan diluncurkan pada akhir 2023. Blue Plug direncanakan untuk memberi daya pada jaringan pengisian daya ultra-cepat perusahaan di Korea Selatan yang disebut E-pit, yang diluncurkan pada April 2021.

Setiap stasiun E-pit memiliki empat hingga enam pengisi daya 350 kW. Saat ini, E-pit memiliki 12 stasiun dan 72 pengisian daya bertenaga tinggi.

Baca juga: Merasakan Torsi Buas Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023

Detail Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Detail Hyundai Ioniq 5

Masih terlalu dini untuk mengharapkan HMG memasarkan Blue Plug di luar Korea Selatan karena saat ini HMG sedang berkonsentrasi pada E-pit.

Namun, mengingat HMG memiliki berbagai macam kendaraan listrik, tidak akan terlalu sulit untuk mengharapkan upaya terbarunya untuk menjangkau negara-negara yang sudah memiliki mobil hybrid dan mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com