Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan Hyundai Stargazer X dengan Stargazer Biasa

Kompas.com - 17/08/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan crossover terbaru untuk pasar otomotif nasional yang dinamakan Stargazer X di ajang GIIAS 2023.

Menggunakan platform dan mesin sama, yaitu Stargazer, mobil ini dibanderol mulai Rp 325.600.000 on the road DKI Jakarta. Kini calon konsumen bisa melakukan pengetesan dan pemesanan unit selama pameran berlangsung hingga 20 Agustus 2023.

Lantas, apa saja perbedaan yang diberikan Hyundai terhadap SUV ini dibanding model biasanya?

Hyundai STARGAZER X. DOK. Hyundai Hyundai STARGAZER X.

1. Dimensi Lebih Lebar dan Tinggi

Pertama, perbedaan yang paling kentara ialah pada dimensinya, yang mana Stargazer X lebih lebar dan tinggi dengan selisih hingga 36 mm.

Secara rinci, di atas kertas, Hyundai Stargazer X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.710 mm, dan ground clearance 200 mm.

Sementara pada Stargazer biasa, punya panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, serta ground clearance 195 mm. Sehingga secara tampilan, mobil akan jadi lebih jangkung dan gagah.

2. Tampang yang Sporty

Perbedaan kedua, ada pada tampang mobil yang lebih stylish dan sporty dengan adanya tambahan aksesoris khusus di rear guard, kap mesin, hingga bumper depan dan buritan. Tetapi masih mempertahankan DNA Hyundai sebagai mobil yang futuristik.

Bahasa desain itu terlihat dari lampu DRL horizontal yang agresif, sama seperti model lain, Stargazer maupun Staria.

Pada bagian samping, pembeda juga tipis-tipis. Hyundai hanya memberikan kosmetik di beberapa sektor seperti side sill body moulding baru dan roof garnish yang menegaskan kesan SUV.

Baca juga: Alasan Chery Tunda Peluncuran Tiggo 4 di GIIAS 2023

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

3. Kaki-kaki

Sebagai SUV, bagian kaki-kaki Stargazer X juga diberikan penyesuaian. Kini, mobil telah dibenamkan pelek baru berdesain Diamond Cut Alloy berukuran 17 inci. Dibanding model MPV-nya, ada kenaikan 1 inci.

Suatu hal yang cukup menarik di sektor ini, profil ban pada Stargazer X dibuat lebih tipis yaitu 50. Hyundai mengklaim, hal tersebut suapya membuatnya menjadi lebih sporty.

Mengingat, kebanyakan kendaraan SUV menggunakan ban berprofil 55 atau 60 supaya meningkatkan kedinamisan sekaligus meingkatkan rasa gagah pada mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com