Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Kandang, Marquez Berharap Bisa Tampil Apik di GP Catalunya

Kompas.com - 30/08/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai meraih poin pertamanya pada balapan utama MotoGP Austria, pebalap Repsol Honda Marc Marquez tengah mempersiapkan diri untuk meraih hasil positif di Catalunya akhir pekan ini.

Seperti diketahui, Marquez balapan di Catalunya pada 2020 dan 2022 karena mengalami cedera lengan. Namun pada musim 2014 sampai 2019, rider asal Spanyol itu finis di urutan pertama dan kedua, kecuali pada tahun 2015.

Menuju balapan kandangnya akhir pekan ini, Marquez berniat untuk memberi pertunjukan yang hebat sembari mempertahankan pendekatan balapan dengan ‘tenang’ yang sudah diadopsi sejak liburan musim panas.

Baca juga: Jangan Abaikan Perawatan Ini pada Mobil Transmisi Manual

“Akhir pekan di Barcelona selalu istimewa, melihat semua tribun penonton penuh dengan orang dan sebagai balapan kandang saya, saya senang melihat semua fans di sana,” kata Marquez, dikutip dari Crash, Rabu (30/8/2023).

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan keberhasilan dalam meraih pole position MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022) sore WIB. Link live streaming MotoGP Jepang tersedia di bagian akhir artikel ini. Terkini, Marc Marquez akan kembali tampil pada MotoGP Thailand 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, 30 September hingga 2 Oktober 2022.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan keberhasilan dalam meraih pole position MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022) sore WIB. Link live streaming MotoGP Jepang tersedia di bagian akhir artikel ini. Terkini, Marc Marquez akan kembali tampil pada MotoGP Thailand 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, 30 September hingga 2 Oktober 2022.

“Apapun yang terjadi, tujuannya adalah untuk menampilkan pertunjukan yang luar biasa bagi semua orang di sana dan memberi mereka akhir pekan yang menyenangkan dan berkesan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, dari 10 seri yang sudah dilewati, Marquez baru berhasil menyentuh garis finis balapan utama pada MotoGP Austria 2023. Meski bukan hasil terbaik, ini merupakan poin pertama Marquez setelah balapan tanpa poin di seri sebelumnya.

Baca juga: Ducati Sebut Winglet Justru Tingkatkan Keselamatan Pebalap MotoGP

Marquez membuat kemajuan yang cukup stabil dengan gaya balapan yang cukup tenang. Rider berusia 30 tahun itu pun mengatakan akan mengadopsi cara balapan yang serupa, dengan harapan bisa mendapat hasil yang lebih baik di GP Catalunya.

“Dari pihak kami, ada pekerjaan yang harus dilakukan dan kami harus tetap bersikap tenang seperti yang kami lakukan dalam beberapa akhir pekan terakhir. Di Austria kami melihat bahwa cara kerja seperti ini memungkinkan kami melewati akhir pekan dan mengumpulkan data yang baik untuk proyek tersebut,” lanjutnya.

Sebagai informasi, saat ini Marquez berada di posisi ke-19 klasemen sementara MotoGP 2023. Hasil itu masih lebih baik dari rekan setimnya Joan Mir yang berada di posisi 25 dengan raihan 5 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com