Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Truk Meloncat-loncat Saat Lewati Genangan Air di Jalan

Kompas.com - 30/08/2023, 08:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru -baru ini viral video truk yang melakukan gerakan tidak biasa saat melintasi jalan yang digenangi air. Sebuah truk berwarna putih tanpa muatan tiba-tiba meloncat-loncat saat melaju di atas jalan dengan genangan air. 

Video yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck tersebut menarik banyak perhatian para pengguna media sosial. Sebab, truk seolah ringan dan bukan lagi kendaraan berat. Namun, tidak disebutkan kapan dan lokasi dari video truk lompat tersebut terjadi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kondisi yang dialami oleh truk pada video tidak bisa disebut sebagai aquaplaning. Namun, permukaan jalan tertutup genangan air, sehingga tidak terlihat oleh pengemudi apakah ada lubang atau tidak.

Baca juga: Ducati Sebut Winglet Justru Tingkatkan Keselamatan Pebalap MotoGP

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

"Karena secara visual jalannya rata akibat muka genangan air. Padahal permukaan jalan sesungguhnya bisa saja ada lubang, tidak rata atau rusak. Namun, tidak terlihat oleh sopir truk," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (29/8/2023)

Kendati pada video tersebut nampak terlihat lucu, namun kondisi tersebut sebenarnya sangat berbahaya. Sebab kondisi jalan yang jelek di depan tidak kelihatan  oleh sopir truk.

Baca juga: Mengenal Purging Mesin Diesel dan Besaran Biayanya

Pada video tersebut bisa dikatakan beruntung, sebab rintangan pada jalan tertutup genangan air hanya berukuran kecil. Namun akan beda hal kalau ternyata di balik air ternyata ada lubang besar yang bisa merusak dan membuat truk tumpah.

"Semua jenis mobil pasti mengalami gejala yang sama karena itu efek dari suspensi dalam menjaga keseimbangan sehingga bantingannya tidak keras. Yang pasti sebaiknya curigai kalau ada genangan air dengan cara melambatkan kecepatan. karena disitu pasti ada daratan yang rendah, dan kalau sering -sering pasti merusak muka jalan," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com