Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Sebut Winglet Justru Tingkatkan Keselamatan Pebalap MotoGP

Kompas.com - 29/08/2023, 19:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati menjadi pabrikan yang mempelopori atau memulai tren penggunaan winglet dan perangkat aerodinamika pada motor MotoGP.

Pabrikan asal Italia ini tentu menolak ketika winglet diusulkan dilarang untuk digunakan.

Menurut sebagian pihak, winglet dinilai dapat meningkatkan kecepatan motor. Sehingga, semakin meningkatkan risiko kecelakaan kepada pebalap.

Baca juga: Stoner Sudah Buktikan Motor MotoGP Tanpa Winglet Tetap Kompetitif

Namun, Ducati memiliki argumentasi sebaliknya. Menurut Gigi Dall'Igna, General Manager Ducati Corse, winglet justru meningkatkan keselamatan para pebalap MotoGP.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

Dall'Igna mengatakan, jika winglet pada motor MotoGP mau dilarang, seharusnya penggunaan sayap pada mobil balap Formula 1 (F1) juga harus dilepas. Sebab, semua pabrikan sudah memilikinya.

"Itu adalah argumen yang tidak bisa saya mengerti. Winglet meningkatkan keselamatan di MotoGP. Sebab, apa fase yang paling problematis ketika Anda mengendalikan motor balap? Ketika ban depan tidak menyentuh tanah!," ujar Dall'Igna, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Giliran Bos KTM Berkomentar Minor Soal Winglet di MotoGP

Dengan menggunakan winglet, diklaim akan memberikan gaya tekan pada bagian depan motor. Sehingga, ban depan tetap mendapatkan traksi yang maksimal dan pebalap bisa mengendalikan motornya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2023

Menurut sebagian pakar dari beberapa pabrikan, penggunaan winglet menyebabkan terjadinya turbulensi bagi pebalap yang berada di belakang.

"Kita juga merasakan turbulensi itu sebelumnya ketika masih belum ada winglet," kata Dall'Igna.

Meski demikian, sebagian pebalap merasa tidak masalah jika motornya tidak menggunakan perangkat aerodinamika tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com