Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pelihara Serena Lawas, Ini Fitur Keunggulan dan Cara Memilihnya

Kompas.com - 29/08/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Nissan Serena termasuk segmen multi purpose vehicle (MPV) berkelas pada zamannya. Serena dengan kode bodi C24 ini merupakan generasi kedua di Indonesia.

Mulai dipasarkan di Indonesia tahun 2004 Nissan menyuguhkan desain modern dengan body sudah mengotak berbeda dengan generasi sebelumnya.

Mobil keluarga ini dibekali mesin QR20DE 2.000 cc 4 silinder dengan teknologi modern injeksi khas Nissan. Sedangkan untuk varian yang tersedia antara lain Comfort Touring atau CT, Highway Star (HS) dan Autech.

Baca juga: Adu Spesifikasi Nissan Serena e-Power dengan Toyota Voxy

Detail perbedaannya, tipe Ct tidak dilengkapi dengan pintu geser elektrik dan kamera parkir belakang, sedangkan HS dan Autech dilengkapi dengan pintu geser elektrik di sebelah kiri dan kamera parkir belakang.

Ubahan lainnya pada varian HS sudah memiliki monitor pada kedua headrest, dan meja lipat yang sederhana, serta tirai untuk meningkatkan privasi penumpang. Sehingga membuat varian ini makin premium dan mewah.

Tipe HS juga hadir dengan fitur jok kulit, lampu sein di spion, TV sekaligus DVD player, wood panel, kamera mundur dan pintu kiri belakang elektrik, membuka-tutup tinggal pencet tombol.

Baca juga: Nissan Serena e-Power dan Toyota Voxy, Perang MPV Pintu Geser

Pada 2010, Nissan merilis varian Autech. Model ini memiliki ubahan pada gril, bumper depan dan belakang, hood top moulding, lampu kabut, side sill protector, polish alloy wheel, dan lampu kombinasi.

Terkait fitur keamanan Nissan Serena C24 telah mengadopsi SRS Airbag, anti-lock brake system (ABS) EBD dan Brake Assist. Selain itu juga terdapat fitur seat belt dan sensor parkir untuk mendukung keselamatan.

Oleh karenanya, sampai sekarang Nissan Serena C24 bekas masih banyak diincar oleh konsumen Indonesia.

Baca juga: Nissan Memajang Serena e-Power, Meluncur Tahun Depan

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motor Spesialis Nissan & Datsun mengatakan Nissan Serena C24 termasuk mobil yang bandel jika dibandingkan dengan generasi selanjutnya.

“Mesin tidak mudah rewel, transmisi awet selama dirawat dengan benar, bila konsumen hendak membeli Serena C24 perhatikan saja seal-seal di mesin dan sistem pendinginnya, karena ini termasuk mobil tua,” ucap Rofiq kepada Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Rofiq mengatakan sudah menjadi hal wajar bila mobil tua mengalami rembesan oli di bagian mesin akibat seal yang sudah getas. Sehingga, pada Nissan Serena ini perlu juga diperiksa.

Baca juga: Cek Harga MPV Bekas Usai Lebaran 2023, Nissan Serena Rp 74 Jutaan

Selain itu, kondisi sistem pendingin juga perlu diperhatikan ketika membeli mobil tua karena tidak diketahui pasti apakah komponennya sudah pernah diremajakan atau masih bawaan pabrik.

“Periksa kemampuan motor kipas radiator dan AC apakah masih bisa berputar dua-duanya dengan kencang atau sudah lemah, perhatikan radiator ada rembesan coolant atau tidak,” ucap Rofiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com