Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi Nissan Serena e-Power dengan Toyota Voxy

Kompas.com - 13/08/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Serena e-Power resmi diperkenalkan di GIIAS 2023 beberapa hari lalu. Sayangnya, MPV dengan pintu geser ini cuma dipamerkan saja, rencana dijual baru tahun depan.

Padahal, pesaing dari Toyota Voxy ini sebenarnya menawarkan spesifikasi dan fitur yang menarik. Bisa saja diadu dengan Voxy dan sebenarnya punya keunggulan, yakni powertrain hybrid e-Power.

Sebagai gambaran, e-Power merupakan sistem hybrid yang membuat mobil punya akselerasi layaknya mobil listrik tapi tidak perlu dicas. Terdapat mesin yang berfungsi sebagai generator, mengisi daya baterai untuk menyuplai listrik ke motor listrik.

Baca juga: Nissan Serena e-Power dan Toyota Voxy, Perang MPV Pintu Geser

Eksterior Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Eksterior Toyota All New Voxy

Serena ini menggunakan sistem e-Power generasi kedua, di mana generator atau mesin punya kapasitas 1.400cc. Kombinasi mesin dan motor listrik tersebut menghasilkan 161 TK dan torsi 315 Nm.

Kalau dibandingkan dengan Toyota Voxy, menggunakan mesin 1.986cc empat silinder. Tenaga yang dihasilkan sekitar 170 PS atau setara 167,6 TK di 6.600 RPM dan torsi 202 Nm di 4.900 RPM.

Dari perbandingan di atas kertas, tenaga Serena memang lebih kecil dari Voxy, namun Serena unggul di torsi yang lebih besar. 

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM Berubah, sampai 31 Agustus

Tapi, perlu dipahami kalau yang menggerakan roda Serena adalah motor listrik, di mana tenaga dan torsi tadi bisa didapatkan secara instan, berbeda dengan Voxy yang masih pakai mesin konvensional.

Soal fitur, salah satu yang diunggulkan pada Serena e-Power adalah sistem keselamatan aktif yakni ProPILOT 2.0. Sistem tersebut membuat pengemudi bisa melepas setir saat mobil melaju di tol dan diam di satu lajur, mengurangi lelah saat perjalanan jauh.

Lalu untu Luxion, versi paling tingginya dilengkapi ProPILOT Park dengan memory. Artinya, mobil merekam dan mengingat area parkir, bahkan bisa parkir sendiri dengan sistem ProPILOT Remote Park.

Selain itu, ProPILOT juga dilengkapi dengan steering assist dan forward collision avoidance. Lalu, ada juga lande departure warning, blind spot warning, rear cross traffic alert, makin lengkap saja.

Kalau Toyota Voxy, generasi baru ini sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 3.0. Sistem tersebut terdiri dari Pre Collision System yang mencegah mobil menabrak objek yang ada di depan, pengemudi diingatkan lewat alarm atau sebagainya.

Lalu ada juga Lane Tracing Assist, mencegah mobil tetap di tengah-tengah jalur yang ada markanya. Serta ada Dynamic Radar Cruise Control, fitur yang mengikuti kecepatan mobil di depannya.

Kemudian ada juga Automatic High Beam dan Blind Spot Monitoring. Terbilang lengkap untuk mobil MPV dengan harga Rp 599 juta OTR Jakarta ini.

Sayangnya, Nissan belum bisa ikutan bersaing di pasaran saat ini, baru tahun depan. Padahal, modal yang dimiliki Serena e-Power untuk beratarung langsung dengan Voxy sudah mumpuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com