Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Captain Seat Jadi Daya Tarik Hyundai Stargazer X di Segmen LSUV

Kompas.com - 29/08/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer X resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Selama pameran, mobil yang dimasukkan Hyundai di segmen Low Sport Utility Vehicle (SUV) itu terpesan sekitar 500-an unit.

Dari jumlah tersebut nyaris semua konsumen memilih tipe tertinggi yaitu Stargazer X Prime, dan dengan rincian pilihan kursi baris kedua model captain seat atau konfigurasi kursi 6-penumpang.

Baca juga: Cara Cegah Rangka Mobil Tua Berkarat, Cuma Modal Rp 35.000

Kursi baris kedua model captain seat Hyundai Stargazer X KOMPAS.com/Gilang Kursi baris kedua model captain seat Hyundai Stargazer X

Astrid A Wijana, Head of Marketing PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), mengatakan, di segmennya pilihan dua model kursi hanya ada di Stargazer X dan itu yang merupakan salah satu keunggulan mobil ini.

"Saya pikir ini cukup natural karena untuk di segmen ini bisa dibilang memang Stargazer X satu-satunya yang menawarkan dua konfigurasi tempat duduk," ujar Astrid di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/8/2023).

"Untuk konsumen di tipe cross, segmen ini mereka inginnya bagaimana caranya punya kendaraan tetap sporty dan memberikan berkendara yang lebih agile, dynamic, tapi tidak mau melepaskan kenyamanan juga tetap mau mewah. Maka trennya saat ini banyak yang ke captain seat," ujarnya.

Baca juga: Intip Biaya Perbaikan bila ECU Nissan Grand Livina Rusak

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Gilang Hyundai Stargazer X

Meski secara tampilan Stargazer X lebih tangguh dan dinamis ketimbang Stargazer, perubahannya sebetulnya tidak banyak. Secara umum, perbedaannya hanya ada di tampilan eksterior dan interior, dimensi, serta beberapa komponen kaki-kaki.

Secara dimensi, Stargazer X mlebih besar baik dari panjang (+36 mm), lebar (+35 mm), sampai tinggi (+15 mm) dan ground clearance-nya (+5 mm) dari Stargazer biasa. Namun wheelbase mobil tetap.

Mesinnya menggunakan Smartstream G1.5L seperti Stargazer, mobil mampu menghasilkan daya maksimum 113,4 Tk dan torsi puncak 143,8 Nm, daya tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com