Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Fasilitas Reparasi Sasis dan Kabin Fuso Terima Merek Lain?

Kompas.com - 28/08/2023, 18:52 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meresmikan fasilitas cabin and chassis repair di jaringan diler PT Bumen Redja Abadi yang berada di Cikupa, Tangerang.

Fasilitas yang memakan investasi hingga Rp 15 miliar ini dibuat sebagai layanan tambahan untuk perbaikan sasis dan kabin truk Fuso.

Untuk perbaikan sasis, biayanya bervariasi tergantung dari tingkat kerusakan dengan kisaran mulai Rp 20 juta hingga Rp 50 juta dengan garansi selama enam bulan.

Baca juga: Lagi Cari Nissan Grand Livina Lawas, Lebih Baik Pilih yang Manual

Lalu apakah fasilitas ini juga bisa digunakan untuk kendaraan niaga merek lain?

Menjawab hal ini, Vice President of Sales and Marketing Division PT KTB Aji Jaya mengatakan, pada dasarnya fasilitas baru ini dibuat untuk perbaikan sasis dan kabin Fuso Canter dan Fighter.

Fasilitas cabin and chassis repair FusoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Fasilitas cabin and chassis repair Fuso

Namun demikian, pihak KTB tak menutup kesempatan bila memang ada permintaan perbaikan sasis atau kabin dari kendaraan merek lain.

"Awalnya pasti kita prioritaskan untuk brand kita dulu Mitsubishi Fuso, utamanya adalah itu. Setelah itu mungkin bila ada yang membutuhkan meminta jasa perbaikan dari fasilitas kami, tentunya kami akan sangat terbuka," kata Aji dalam konferensi pers di Cikupa, Tangerang, Senin (28/8/2023).

Menurut Aji, saat ini populasi truk di Indonesia makin bertambah. Sejalan dengan kondisi tersebut, banyak insiden-insiden yang tak diinginkan bisa terjadi kepada merek siapa saja, seperti kecelakaan dan sebagainya.

Baca juga: Kemenhub dan KNKT Akan Cek Proses Produksi Rangka eSAF di Pabrik AHM

Karena itu, bila ada kendaraan niaga merek lain yang membutuhkan perbaikan menggunakan fasilitas reparasi kabin dan sasis di diler PT Bumen Redja Abadi, maka bisa dilayani.

"Jadi pada dasarnya tetap bisa kita terima (merek lain), tapi tentunya yang utama kita prioritaskan dulu ke brand kita," kata Aji.

Fasilitas cabin and chassis repairKOMPAS.com/STANLY RAVEL Fasilitas cabin and chassis repair

Layanan cabin and chassis repair PT Bumen Redja Abadi merupakan fasilitas aftersales pertama di Indonesia yang berada di bawah standarisasi PT KTB dan beroperasi di diler resmi Mitsubishi Fuso.

Nantinya, fasilitas serupa direncanakan juga akan dibuat di beberapa daerah lain dengan melihat kondisi serta kebutuhannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com