Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spiro Commando, Motor Listrik Niaga dengan Jangkauan 75 Km

Kompas.com - 28/08/2023, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek motor listrik asal Uganda, Spiro, meluncurkan produk baru yang diberi nama Commando. Sepeda motor ini jadi pilihan buat konsumen yang mencari kendaraan niaga dengan kehematan khas motor listrik.

Dilansir dari Ride Apart (28/8/2023), Spiro Commando memiliki desain khas motor naked sport dengan setang posisi tinggi. Lampu depan sudah pakai teknologi LED, namun desainnya memang masih identik dengan motor konvensional.

Motor ini juga dilengkapi dengan crash bar, yang membuatnya terlihat tangguh karena lebih terlindungi ketika terjatuh. Menariknya, motor ini mengusung jok yang lebih panjang dari motor kebanyakan. Bahkan rasanya cukup untuk dimuati tiga orang.

Baca juga: Daftar PO Bus yang Punya Restoran Sendiri

Motor listrik asal Uganda, Spiro CommandoDok. Ride Apart Motor listrik asal Uganda, Spiro Commando

Di atas kertas, motor niaga ini didukung oleh motor listrik berkekuatan 6,5 kW dengan tenaga mencapai 8,5 Tk, dan diklaim bisa melaju hingga kecepatan maksimal 80 Kpj.

Spiro Commando mengusung dua buah baterai yang dapat dilepas dan diganti dalam hitungan detik. Baterai ini diklaim dapat memberikan jangkauan sejauh 75 Km.

Sebagai informasi, merek Spiro berdiri sejak 2022 dan telah memasok lebih dari 140.000 ojek listrik bagi Ibu kota Negara, Kampala.

Baca juga: Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia Juli 2023, Toyota Berkuasa

Spiro memiliki rencana untuk membangun operasinya di negara-negara Afrika Barat seperti Benin dan Togo.

Selain menyediakan sepeda motor listrik di sini, mereka juga mengincar infrastruktur, seperti stasiun pengisian dan penukaran baterai.

Kemudian, perusahaan juga punya target memproduksi sedikitnya 15.000 unit sepeda motor listrik, 31.000 baterai, dan 1.000 stasiun penukaran baterai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com