Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Maling Nyerah Bawa Kabur Ninja ZX-25R

Kompas.com - 06/08/2023, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pencuri yang gagal membawa kabur Kawasaki Ninja ZX-25R. Sang pencuri tidak bisa menyalakan mesin motor sport yang memakai kunci immobilizer tersebut.

Dalam video yang diunggah akun TikTok, viral Pekanbaru sang maling gagal menjalankan aksinya setelah berusaha menjebol kunci Ninja ZX-25R selama setengah jam, mulai dari pukul 04.37 WIB-05.30 WIB.

Baca juga: Motor dan Fortuner Nyaris Tabrakan, Gara-gara Salah Masuk Gerbang Tol

@viralpekanbaru Plaku beraksi mulai pukul 04.37 hingga 05.03 lewat. Kejadian hari Kamis 11 mei 2023, di jalan rokan / sutomo Pekanbaru #fyp#viralpekanbaru #pekanbaru #riau ? Dj Kara Boruto X Sound Yokoso - Donny Fernanda

 

"Pelaku beraksi mulai pukul 04.37 hingga 05.30 lewat. Kejadian hari Kamis 11 mei 2023, di jalan rokan / sutmo Pekanbaru," tulis keterangan video dikutip Kompas.com, Minggu (6/8/2023).

Selain sistem smart key system atau keyless, immobilizer memang dipercaya membuat maling kesulitan.

Kapolsek Tambora, Jakarta Barat, Kompol Putra Pratama mengatakan, motor lain yang tidak menjadi sasaran maling ialah yang sudah menggunakan imobilizer.

"Saya bicara di Tambora, saat ini tidak ada Vespa (baru alias Vespa matik) yang dilaporkan hilang," kata Putra saat ditemui Kompas.com, di Polsek Tambora, belum lama ini.

Baca juga: Penjualan Mobil Suzuki Tembus 1,52 Juta Unit pada Semester I/2023

New Kawasaki Ninja ZX-25R model 2023.KOMPAS.com/Gilang New Kawasaki Ninja ZX-25R model 2023.

Immobilizer merupakan salah satu teknologi yang ada di kendaraan masa kini baik mobil dan sepeda motor.

Baca juga: Pengakuan Maling Motor, Kunci Setang Motor ke Kanan Tidak Pengaruh

Cara kerja immobilizer yaitu di dalam kunci motor tertanam chip. Chip akan mengirimkan sinyal ke ECU jika sudah dalam jarak tertentu. Setelah ECU membaca chip di kunci, baru motor bisa dihidupkan.

Dengan sistem kerja seperti ini motor tidak akan hidup jika dipaksa dinyalakan menggunakan kunci duplikat. Motor lebih aman meski lubang kunci sudah "dirojok" oleh maling tapi mesin tidak bisa hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com