Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Maling Motor, Kunci Setang Motor ke Kanan Tidak Pengaruh

Kompas.com - 06/08/2023, 10:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu trik yang cukup populer di kalangan pengendara sepeda motor yaitu dengan mengunci setang ke arah kanan. Cara ini disebut dapat membuat maling kesulitan saat melakukan aksinya.

OA (24 tahun) tersangka pelaku pencurian motor, mengatakan, trik mengunci setang ke kanan sama sekali tidak pengaruh menghambat motor dicuri. Maling tetap bisa menjebol anak kunci dan motor bisa dihidupkan.

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara Usai Sprint Race Inggris, Bagnaia Memimpin

"Tidak ada pengaruhnya sama sekali," kata OA yang ditemui Kompas.com di Polsek Tambora, Jakarta Barat, belum lama ini.

Seorang teknisi bengkel AHASS mempraktekkan sulitnya memasukan kunci T ke lubang kunci jika setang motor dikunci ke kanan.Kompas.com/Alsadad Rudi Seorang teknisi bengkel AHASS mempraktekkan sulitnya memasukan kunci T ke lubang kunci jika setang motor dikunci ke kanan.

"Cuma sedikit pengaruh ialah kunci T-nya itu cuma nyangkut sedikit doang. Tapi hidup juga, sama saja semuanya," ujar OA.

Sebelumnya, Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, trik mengunci setang motor ke arah kanan memang belum pernah terbukti ampuh menghalau maling.

“Katanya kalau ke kanan lebih menyulitkan maling, sebenarnya belum terbukti,” ujar Rendra.

Rendra mengatakan, pengaruh mengunci setang motor ke arah kanan lebih ke ruang gerak maling yang menjadi lebih sempit.

“Mungkin kalau dari sisi teknis karena dia menggunakan kunci T, yang otomatis membutuhkan ruang gerak. Kalau setang dia belok ke kanan, ruang geraknya menjadi sempit,” ucap Rendra.

Baca juga: Ini Produk Yadea yang Paling Banyak Peminatnya di Solo

Unit Reskrim Polsek Cipondoh, Kota Tangerang berhasil mengamankan empat pelaku pencuri kendaraan bermotor (curanmor). Penangkapan para tersangka pencurian motor ini dilakukan berdasarkan signal global positioning system (GPS) yang terpasang pada motor Scoopy milik korban.Istimewa Unit Reskrim Polsek Cipondoh, Kota Tangerang berhasil mengamankan empat pelaku pencuri kendaraan bermotor (curanmor). Penangkapan para tersangka pencurian motor ini dilakukan berdasarkan signal global positioning system (GPS) yang terpasang pada motor Scoopy milik korban.

“Jadi tangkai kunci leter T akan nyangkut ke setang, memutarnya lebih susah. Kalau setang belok ke kiri, ruang main lebih bebas,” kata dia.

Rendra juga menambahkan, pada dasarnya cara main komponen-komponen yang berada di dalam rumah kunci pun tidak mengalami perbedaan ketika setang motor diarahkan ke kanan.

Sementara kalau teknis rumah kunci atau komponen-komponen di dalam untuk saat ini tidak ada perbedaan.

“Sama saja dikunci setang ke kanan atau kiri, cuma lebih ke ruang gerak malingnya saja," ucap Rendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com