Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johann Zarco Resmi Perkuat LCR Honda di Musim 2024

Kompas.com - 23/08/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Johann Zarco resmi memperkuat tim LCR Honda pada musim 2024 mendatang.

Zarco menggantikan posisi Alex Rins yang sebelumnya sudah lebih dulu memutuskan untuk berpindah tim ke Monster Energy Yamaha pada musim depan.

Keputusan Zarco untuk berpindah ke LCR Honda sempat mengejutkan beberapa pihak. Pasalnya saat ini ia berada di tim yang kompetitif dengan performa motor yang bagus. Terbukti dengan keberhasilan Zarco menghuni posisi kelima klasemen sementara MotoGP 2023.

Baca juga: Konsep Lamborghini Lanzador, Mobil Listrik Paling Dasyat

Namun, pebalap berusia 33 tahun itu akhirnya memutuskan untuk membela tim satelit Jepang. Disinyalir salah satu penyebabnya lantaran ketidakpastian dari tim Ducati, di mana Zarco hanya mendapat opsi perpanjangan satu tahun.

Kepala tim LCR Honda Lucio Cecchinello pun menyambut kedatangan Zarco di LCR Honda. Ia mengonfirmasi bahwa rider asal Perancis itu akan membalap dengan warna Castrol, menggantikan Alex Rins yang pindah ke Yamaha.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

“Kami sangat bersemangat menyambut Johann ke tim LCR Honda Castrol dengan semua detail dan tanda tangan masing-masing sudah ada,” kata Cecchinello, dikutip dari Crash, Selasa (22/8/2023).

“Ia kembali ke tim setelah kami sempat bersama sebentar di tahun 2019, di mana kami sudah bisa melihat potensi dan etos kerjanya. Masih banyak balapan dan pekerjaan yang harus diselesaikan musim ini, tapi kami menantikan dimulainya proyek baru ini pada tahun 2024,” lanjutnya.

Baca juga: Hyundai Bukukan 3.727 SPK Selama GIIAS 2023, Stargazer Paling Banyak

Dengan pindahnya Zarco ke LCR Honda, otomatis menyisakan satu bangku kosong di Pramac Racing. Sebelumnya, berhembus kabar bahwa kursi tersebut bakal diberikan kepada Marco Bezzecchi yang menginginkan motor dengan spek pabrikan.

Namun baru-baru ini, legenda MotoGP Valentino Rossi menghubungi Pramac Racing untuk mempertimbangkan memasukkan Franco Morbidelli untuk skuad musim depan.

Mantan pebalap MotoGP itu pun berharap Bezzecchi tetap bertahan di VR46, agar kursi kosong tersebut bisa menyelamatkan karier Morbidelli yang saat ini terkatung-katung setelah Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com