Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Tertarik Rekrut Marquez buat MV Agusta pada MotoGP 2025

Kompas.com - 22/08/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM dikabarkan tertarik untuk merekrut Marc Marquez untuk membela tim MV Agusta di MotoGP 2025, setelah kontrak bersama tim pabrikan Repsol Honda berakhir pada musim 2024 mendatang.

Penawaran tersebut, dilansir Crash pada Selasa (22/8/2023), merupakan upaya dari KTM untuk menarik Marquez untuk bergabung bersamanya. Sebab beberapa kesempatan lalu dikatakan jika juara dunia MotoGP enam kali itu tidak tertarik memakai motor KTM.

KTM sendiri, memiliki 25 persen saham MV Agusta melalui perusahaan Pierer Mobility AG. Perusahaan asal Austria itu juga memiliki 100 persen saham tim balap Grand Prix: KTM, Husqvarna dan GASGAS.

Baca juga: Rossi Kontak Pramac Racing Selamatkan Morbidelli

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bekerja sama dengan Airbnb menyewakan motorhome miliknya untuk GP Catalunya yang akan digelar pada 3 September 2023 mendatang.
Dok MotoGP Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bekerja sama dengan Airbnb menyewakan motorhome miliknya untuk GP Catalunya yang akan digelar pada 3 September 2023 mendatang.

Pabrikan asal Italia itu bukan pemain baru di ajang Grand Prix. MV Agusta tercatat sudah berhasil menyabet 38 gelar juara dunia pembalap dan 38 gelar manufaktur pada 1960an dan 1970an.

"Tahukah kalian apa impian KTM? Tahukah kalian rencana marketing yang ingin dilakukan KTM di masa depan? Mereka ingin Marc Marquez menunggangi MV Agusta. Itu rencana mereka, dan itu bisa terjadi," ucap pengamat MotoGP Ricard Jove.

Jove yakin rencana KTM akan menemui jalan terjal. Pasalnya, Pierer Mobility AG harus bisa meyakinkan pihak FIM atau MotoGP agar KTM bisa tampil menggunakan sepeda motor MV Agusta, bukan RC16 yang selama ini digunakan.

Baca juga: Simulasi Kredit Wuling Air EV Lite, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

"Yang masih harus dilihat adalah sejauh mana kejuaraan MotoGP mengizinkan KTM untuk dicat (sebagai) MV Agusta atau membuat motor secara signifikan berbeda dari KTM. Tapi itulah tujuan mereka, dan saya pikir ini adalah strategi pemasaran yang sangat bagus," lanjut dia.

Koneksi Red Bull, sebagai sponsor Marquez sekaligus KTM, diyakini membuat rencana itu semakin terang. Apalagi, Marquez pernah memperkuat tim KTM di kelas 125 cc pada 2008 dan 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com