Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Triton Antarkan Mitsubishi Jadi Tim Terbaik di AXCR 2023

Kompas.com - 22/08/2023, 19:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors bangga dengan capaian tim Mitsubishi Ralliart yang berhasil meraih posisi ketiga secara keseluruhan dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang diadakan di Thailand dan Laos 13 - 19 Agustus 2023.

Tiga unit Mitsubishi Triton terbaru yang baru saja meluncur menjadi kendaraan yang diandalkan meski waktu persiapan cukup mepet. Hanya saja, keberuntungan tidak berpihak kepada mereka sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal.

Meski demikian, Tim Mitsubishi Ralliart mendapatkan capaian sebagai tim terbaik dalam ajang balap tersebut karena menjadi satu-satunya tim yang mampu menyelesaikan finish dengan ketiga unit yang dibawa.

Baca juga: Bisa Jadi Acuan, Beragam Konsep Modifikasi Mitsubishi All-New Triton

Tim Mitsubishi Ralliart dengan All-New Triton yang akan berkompetisi pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. Mitsubishi Ralliart Tim Mitsubishi Ralliart dengan All-New Triton yang akan berkompetisi pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

Chayapon Yotha asal Thailand salah satu anggota Tim Mitsubishi Ralliart berhasil menempati posisi ketiga secara keseluruhan.

Sementara itu, Katsuhiko Taguchi asal Jepang, yang berkompetisi untuk pertama kalinya dalam AXCR bersama tim menempati posisi kedelapan. Sedangkan pembalap asal Indonesia yakni Rifat Sungkar menempati posisi ke-32 secara keseluruhan.

“Kami bisa memastikan ketiga mobil bisa finis dengan baik sehingga mendapatkan penghargaan sebagai tim terbaik di AXCR 2023,” ujar Team Director Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka dalam konferensi pers, Selasa (22/8/2023).

Ajang balap ini dimulai pada 13 Agustus 2023, tepatnya di Walking Street, sebuah tempat wisata terkenal di Pattaya, Thailand. Cuaca yang tidak menentu membuat peserta reli kesulitan melintasi jalanan offroad di sana.

Baca juga: Detail Spesifikasi Mobil Reli Mitsubishi All-New Triton di AXCR 2023


Rifat Sungkar selaku tim kebanggaan bangsa Indonesia sempat kehabisan oksigen pada hari pertama balap lantaran mobil terhalang rumput yang menyebabkan AC mobil mati.

Rifat menjelaskan, bahwa reli tahun ini penuh kejutan karena ia menjadi pengemudi pertama yang melintasi jalur baru.

“Kami jadi babat rumput karena buka jalan, jadi masalah karena buka jalan. Pohon dan daun tersangkut di mobil, bikin mobil tidak maksimal dari biasanya, AC mati dan kami sempat kehabisan oksigen sehingga saya hampir pingsan,” ucap Rifat.

Balapan berlangsung selama 6 hari ini bukan hal yang mudah untuk dilalui. Jalanan yang berdebu membuat tim Mitsubishi Ralliart terpaksa dihentikan oleh petugas setempat karena banyak warga yang komplain banyak debu beterbangan.

Baca juga: Modifikasi Mobil Jenazah Berbasis Mitsubishi Triton

“Tahun ini saya harus akui sangat sulit dibandingkan tahun lalu, kondisi jalan sangat menantang dan fakta bahwa mobil baru diluncurkan jadi waktu pengembangan sangat pendek untuk melakukan tune up dan modifikasi. Tapi, kami bisa melewati berbagai tantangan ini dengan baik,” tutur Chayapon.

Sementara itu, Taguchi-san mengungkapkan bahwa AXCR 2023 menjadi pengalaman yang membuka mata karena ia mendapatkan banyak kondisi jalan yang berbeda, mulai dari aspal mulus, jalan lubang hingga ada airnya.

“Saat saya mengendarai, saya jatuh di lubang yang besar. Hebatnya, mobil ternyata tidak apa-apa. Bahkan, mobil itu menyelamatkan saya dan teman saya,” ungkapnya.

Baca juga: Rencana Generasi Baru Mitsubishi Triton ke Indonesia

“Pada hari ke lima, meski memulai start di belakang kami tetap memiliki semangat untuk menunjukkan kemampuan, ketika orangnya sehat-sehat saja, mobil tidak ada masalah, akhirnya kami bisa finish tercepat, itu menunjukkan bahwa kami bisa,” ucap Rifat.

Secara keseluruhan New Triton cukup bisa membuat bangga setelah mereka mencobanya langsung di medan terjal dan tidak sewajarnya sekali pun. Mitsubishi berharap pada kompetisi tahun depan bisa memperoleh hasil yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com