Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade 1000 Unit Mercy Siap Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 21/08/2023, 10:52 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz (MB) Club Indonesia bersama Jakarta Storm Speed (JSS) dan Gazpoll Racing Team bakal menggelar Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023 di Sentul International Circuit, Bogor, 1-3 September 2023 mendatang.

Gelaran otomotif ini, nantinya tidak hanya menyuguhkan adu kencang di lintasan atau sebatas motorsport, tapi juga dibalut kegiatan gathering yang melibatkan komunitas otomotif di Tanah Air.

Presiden Mercedes-Benz Club Indonesia Yoga Mahardhika menyampaikan, kegiatan otomotif ini akan dicatat dalam rekor MURI.

Baca juga: Jumpa Mercedes Benz Sprinter A3 Disulap Jadi Motorhome

Indonesia Auto Speed Festival (ISAF) akan diselenggarakan dengan meriah di Sentul, awal Sepetember mendatang.IST Indonesia Auto Speed Festival (ISAF) akan diselenggarakan dengan meriah di Sentul, awal Sepetember mendatang.

 

Rekor itu akan tercipta dengan adanya victory lap atau parade yang melibatkan 1.000 Mercy yang akan melintas dalam sirkuit sentul. Bahkan, Mercy prototype tahun 1930-an, yang belum sempat diproduksi tapi sudah dimiliki orang Indonesia, akan dihadirkan di acara mendatang.

Kegiatan balapan, nantinya ada drag race dengan jumlah peserta dibatasi maksimal 300 starter. Sedangkan untuk kategori sprint, peserta maksimal 50 orang. Hadiah yang dipersiapkan juga cukup besar.

Sejauh ini, anggota dari klub MB-Indonesia mencapai belasan ribu orang, yang tergabung dalam 113 klub Mercy dari berbagai varian. Saat ini, anggotanya juga sedang melakukan turing tiga negara, meliputi Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Bahas Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS SUV di GIIAS 2023

"Mereka sedang melakukan perjalanan dan kembali ke Indonesia, selanjutnya akan bergabung di sirkuit sentul pada festival nanti," kata Yoga.

Ketua Panpel Arief Gunawan mengatakan acara akan diisi dengan berbagai kegiatan seru dan bernuansa kebersamaan antar peserta.

“Olahraga yang diselenggarakan antara lain drag race, sprint rally, offroad racing, touring, time rally, time attack, dan celebrity hotlap. Sedangkan kegiatan festival antara lain terdapat community gathering, exhibition, fun karting, camping ground, food and beverages UMKM, dan entertainment," ujar Arief.'

Baca juga: Mercedes-Benz Luncurkan 3 Mobil Baru di GIIAS, Harga Rp 3 Miliaran

Arief menyebut bahwa kegiatan ini terinspirasi dari megah dan meriahnya perhelatan Goodwood Festival of Speed di Inggris. Pegiat otomotif nasional R Adi Yunadi Ndjun, Tomi Hadi Pipink dan Arief Gunawan, sepakat membuat sebuah perhelatan akbar yang menyatukan berbagai unsur dunia otomotif dari dunia balap hingga gaya hidup otomotif.

Mereka bertiga sepakat menggelar ajang aktivitas auto sport yang dikolaborasikan dengan unsur hiburan dan gaya hidup otomotif. Nama event tersebut adalah Indonesia Auto Speed Festival (IASF).

IASF juga merupakan ajang gathering antar komunitas otomotif, pegiat balap, autosport entertainment, kuliner dengan mengajak UMKM berpartisipasi, bursa aksesori dan onderdil.

Baca juga: Melaju dengan Kecepatan Tinggi, Mercedes-Benz Tabrak Satu Orang hingga Tewas di Sleman

Ada juga campervan di sekitar lintasan dengan penyediaan pitch lahan campervan. Tidak kalah menarik, adu kinclong atau auto contest (vote by guest) dari display mobil berkategori klasik-retro juga tersedia.

"Gazpoll dan JSS ingin menyuguhkan ke masyarakat Indonesia, bahwa event otomotif itu bukan secara eksklusif milik kalangan tertentu saja, namun menyentuh semua lapisan pecinta otomotif hingga pengusaha kecil menengah yang bisa ikut ambil bagian secara langsung," ucap Arief.

Gazpoll dan JSS sepakat, semua hal-hal positif yang ingin diraih dalam penyelenggaraan gelaran ini, yang mencakup kegiatan olahraga bermotor, gathering, edukasi, kuliner dan pariwisata, bakal sesuai dan selaras dengan yang sedang digalakkan Pemerintah, yaitu sport tourism.

Baca juga: Mercedes-Benz Kasih Diskon Suku Cadang hingga Cek Kendaraan Gratis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com