Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumpa Mercedes-Benz Sprinter A3 Disulap Jadi Motorhome

Kompas.com - 21/08/2023, 08:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Menyulap mobil menjadi seperti rumah atau motorhome kini menjadi tren modifikasi yang mulai populer di Indonesia.

Bahkan, hasil rancangan motorhome kini makin unik dan menarik, salah satunya seperti motorhome berjuluk Nyi Iteung.

Motorhome dengan kelir hitam tersebut menjadi salah satu yang meramaikan ajang GIIAS 2023 selama 10-20 Agustus 2023 di Hall 9 ICE BSD, Tangerang. Berbeda dari motorhome pada umumnya yang memakai mobil Jepang, Nyi Inteng menggunakan mobil dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz.

Captain Jaka, Ketua Camper Van Indonesia sekaligus pemilik motorhome Nyi Iteung, mengatakan, nama tersebut dipilih mewakili filosofi mobil tersebut.

Baca juga: Kontribusi Hino di Dunia Keselamatan dan Industri

“Kenapa saya namakan Nyi Iteung? Seperti yang sudah banyak kita ketahui, Nyi Iteung merupakan sosok perempuan lugu, tapi dia punya inner beauty, begitu pula dengan mobil ini. Jadi inner beauty Mercedes-Benz Sprinter A3, dari luar polos tapi dari dalamnya itu mewah,” kata Jaka kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Sesuai dengan namanya yang mana mobil dirancang sedemikian rupa agar seperti rumah, kabin mobil tersebut dilengkapi dengan mini kitchen yang dilengkapi dengan oven, wastafel, kulkas, dan beberapa rak untuk menaruh perkakas dapur.

Motorhome Nyi IteungKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Motorhome Nyi Iteung

 

Selain itu, ada juga toilet, ruang makan, TV, AC yang menambahkan kenyamanan bagi penumpang selama di mobil. Permainan warna coklat muda dan juga cream memberikan nuansa yang elegan pada kabin. Semua sistem juga telah terkoneksi secara Android, l.au dari lampu-lampu hingga gorden.

“Total tidak sampai Rp 1 miliar. Kalau hanya modifikasi interior saja hanya menghabiskan Rp 400 juta. Kenapa pilih Mercy Sprinter A3? Dia tinggi dan panjang, selain itu merek ini juga memberikan kebanggaan tersendiri,” kata Jaka. 

Baca juga: Setelah Pameran, Bus yang Ada di GIIAS Akan Dikembalikan ke Karoseri

Motorhome Nyi IteungKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Motorhome Nyi Iteung

Sementara itu, motorhome tersebut dimodifikasi di wilayah Bogor, Jawa Barat, yang mana dikerjakan selama 6 bulan. Mobil tersebut baru pertama kali dipamerkan ke publik dalam ajang GIIAS 2023.

Jaka juga mengatakan, alasan durasi pengerjaan dari motorhome tersebut memakan waktu yang lama lantaran detail atau barang-barang yang digunakan semuanya dipesan dari luar negeri.

“Diubah total, luar cat ulang, dikerok, ban juga diganti baru, kaki-kaki dibenerin, dashboard ganti baru, jadinya luar dalam sudah total dirombak. Ini Mercy built up matik ban 6. Kalau ATPM yang masukin itu ban 4 dan manual,” kata Jaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com