Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Sengit Segmen SUV Ringkas di Indonesia

Kompas.com - 18/08/2023, 18:34 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Penjualan mobil di Indonesia pada semester I 2023 telah mencapai setengah juta unit. Angka ini mengalami peningkatan sebesar delapan persen daripada periode yang sama tahun lalu.

Dilansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka distribusi dari pabrik ke diler alias wholesales pada semester pertama tahun ini mencapai 505.985 unit, atau naik 6,5 persen dari sebelumnya 475.030 unit.

Dari jumlah ini, sebanyak 28.414 unit atau sekitar 5,6 persennya merupakan SUV B segmen atau SUV ringkas yang belakangan semakin sengit persaingannya.

Baca juga: Bukan Soal Dana, Ini Alasan Konsumen Enggan Beli Motor Listrik

Honda HR-V Monochrome Series Dok Honda Honda HR-V Monochrome Series

Padahal pada periode tahun lalu penjualan segmen ini hanya meraih 18.758 unit, atau meningkat 33,9 persen sepanjang Januari-Juni 2023.

Seperti diketahui, kelas ini dihuni oleh sejumlah pabrikan, mulai Toyota Yaris Cross, Honda HR-V, Hyundai Creta, Chery Omoda 5, Suzuki Grand Vitara, Kia Seltos, Mazda CX-3, Wuling Alvez, hingga Mitsubishi Xforce.

Pada sepanjang Januari-Juni 2023, Honda HR-V bisa dibilang menguasai pasar SUV ringkas dengan angka wholesales 14.984 unit.

Baca juga: Pabrik MG di Indonesia Berbagi Fasilitas dengan Wuling?

Sementara itu, Hyundai Creta berada di posisi kedua terlaris dengan jumlah 4.845 unit dan Wuling Alvez di tempat ketiga dengan capaian 4.077 unit pada periode yang sama.

Adapun Suzuki Grand Vitara yang baru meluncur pada Februari 2023, telah mencatat angka wholesales pada Mei dan Juni lalu sebanyak 711 unit.

Baca juga: Berburu Head Unit di GIIAS 2023, Harga Mulai Rp 900.000-an

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Grand Vitara SHVS

Diskon SUV ringkas

Tidak hanya berdasarkan data, persaingan SUV ringkas juga terjadi di lantai pameran GIIAS 2023. Sejumlah tenaga penjual saling perang diskon hingga puluhan juta rupiah.

Model baru Mitsubishi XForce bahkan telah mendapat potongan harga hingga Rp 7 jutaan selama GIIAS.

Sebagai informasi XForce dibanderol mulai dari Rp 379,9 juta untuk tipe terendah yakni Exceed, dan Rp 412,9 juta untuk trim tertinggi Ultimate.

Namun, jika merujuk dari situs resmi Mitsubishi, SUV baru dari pabrikan berlambang tiga berlian ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Untuk XForce Exceed Rp 382,5 juta, sedangkan untuk Ultimate Rp 419,1 juta.

Baca juga: Modifikasi Hilux Jadi Motorhome, Siapkan Dana Ratusan Juta Rupiah

airlangga mitsubishi xforce giias 004KOMPAS.com/Aprida Mega airlangga mitsubishi xforce giias 004

“Rencana harga XForce setelah GIIAS ini naik sekitar Rp 7 jutaan. Harga yang di website itu kemungkinan rencana harga setelah GIIAS,” ucap tenaga penjual Mitsubishi kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2023).

Selain itu, diskon lebih besar ditawarkan untuk setiap konsumen yang berniat membeli Honda HR-V. Berdasarkan penuturan tenaga penjual Honda, HR-V mendapat diskon hingga Rp 20 juta selama GIIAS 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com