Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Omoda 5 EV dan MG ZS EV di GIIAS 2023

Kompas.com - 18/08/2023, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Gelaran GIIAS 2023 menjadi ajang beragam produsen mobil untuk meluncurkan produk baru, termasuk dari segmen mobil listrik.

Selain merek Jepang dan Korea Selatan, ada dua mobil listrik asal Tiongkok yang juga meramaikan GIIAS kali ini, yakni Chery Omoda 5 EV dan MG ZS EV.

Keduanya datang memamerkan kelebihan dari sisi desain, fitur, teknologi, sampai sektor performa yang menarik untuk dibandingkan.

Dari segi desain, baik MG ZS EV dan Omoda 5 EV sebenarnya tak jauh berbeda dari versi konvensionalnya yang berbasis SUV ringkas lima penumpang.

Baca juga: Merasakan Lagi Sensasi Berkendara Suzuki Grand Vitara Hybrid

Karakter futuristik terlihat lebih dominan pada Omoda 5 EV yang mengedepankan sisi aerodinamis dengan tampilan X Face. Pencahayaan didukung lampu moving dan lampu depan yang sudah LED dengan desain tipis yang membentang di bagian depan engine hood.

New MG ZS EVDok. MG Motor Indonesia New MG ZS EV

Tak hanya itu, penggunaan pelek 18 inci dengan model tertutup yang unik juga memberikan kesan menarik tersendiri. Sedangkan bagian atap terdapat electric sunroof.

Sedangkan MG ZS EV, melihat dari desain lebih menekankan karakter SUV ringkas yang memiliki banyak lekukan pada bagian samping. Sektor gril dibuat minimalis dengan konsep grille-less design dan aero wheel cover futuristik.

Tak mau kalah dengan Omoda 5 EV, MG juga menyematkan IMAX Panoramic Sunroof pada ZS listrik yang tampil dengan balutan kelir serba biru.

Untuk baterai, MG ZS EV mengusung baterai litium-ion dengan kapasitas 50,3 kWh yang mampu menempuh perjalanan hingga 403 km.

Sementara Omoda 5 EV, menurut pernyataan Assistant President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Zheng Shou beberapa waktu lalu, baterai yang digunakan memiliki jarak tempuh hingga 450 km.

Baca juga: Honda Klaim Konsumsi BBM All New CR-V Hybrid Bisa Seirit Brio

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

Omoda 5 EV juga didukung pengisian daya cepat dari 30 sampai 80 persen hanya dalam waktu 35 menit. Selain itu, dari sisi efisiensi untuk menempuh jarak 100 km juga hanya membutuhkan 15 kWh.

Bila benar demikian, artinya MG harus mengakui keunggulan dari produk Chery yang satu ini. Lalu bagimana dari sajian fitur yang ditawarkan?

Untuk interior, Omoda 5 EV menggunakan layar imersif 24,6 inci yang diklaim inovatif dan 64 ambient light. Chery juga menyematkan Intelligence Voice yang mendukung interaksi pengemudi dengan semua fitur yang ada.

Interior New MG ZS EVKompas.com/Donny Interior New MG ZS EV

Dari segi ke keselamatan, Omoda 5 EV dilengkapi dengan 14 Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang siap menjadi asistensi pengendara selama perjalanan.

Sementara MG ZS EV, disematkan 10 inch infotainment system, suara 3D yang imersif dari 6-speaker sound system, wireless phone charging system, serta konektivitas Apple CarPlay dan Android smartphone multimedia connecting system.

Baca juga: Pabrik MG di Indonesia, Bakal Banyak Produksi Mobil Listrik

Teknologi iSmart ikut diberikan guna memastikan MG ZS EV tidak hanya canggih, tapi juga cerdas. Dengan fitur seperti Smart Check, di mana konsumen dapat memeriksa kondisi kendaraan secara real-time, Smart Connect, dan Smart Drive yang merupakan teknologi berkendara semi-otonom dengan kenyamanan maksimal, juga Smart Command sebagai fitur pengaturan berkendara.

Dengan ragam fitur yang ditawarkan, sebenarnya Omoda 5 EV dan ZS EV punya kelebihan masing-masing. Tinggal tergantung pilihan konsumen yang tentunya akan melihat juga dari persaingan harga.

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

Untuk desain, secara keseluruhan visual Omoda 5 EV memang lebih menarik karena punya desain yang futuristik yang menegaskan kesan sebagai sebuah SUV listrik modern.

Kedua mobil listrik ini juga sama-sama sudah membuktikan diri soal masalah keselamatan dengan mengantongi sertifikat bintang 5. ANCAP untuk Omoda 5 dan EURO NCAP untuk MG ZS EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com