Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus TZ Mulai Didaftarkan, SUV Listrik 3-Baris

Kompas.com - 21/07/2023, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus dikabarkan sedang menyiapkan SUV listrik 3-baris. Sebab, diketahui pabrikan asal Jepang ini sudah mengajukan empat merek dagang di Eropa untuk berbagai versi Lexus TZ.

Dikutip dari Insideevs.com, Jumat (21/7/2023), Lexus mendaftarkan empat nama merek dagang, termasuk di antaranya TZ450e dan TZ550e. Merek dagang tersebut didaftarkan ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPA) pada 19 Juli 2023.

Baca juga: Pemilik Toyota bZ4X dan Lexus RZ Gratis Cas di Diler Resmi

Untuk diketahui, nomenklatur yang digunakan oleh Lexus dengan akhiran "Z" berkonotasi pada Battery Electric Vehicle (BEV). Sama halnya dengan Lexus RZ, versi listrik dari RX.

SUV listrik Lexus TZDok. Carbuzz.com SUV listrik Lexus TZ

Belum lama ini, Lexus sudah meluncurkan TX, SUV 3-baris dengan mesin pembakaran konvensional. Mobil tersebut berbagi platform GA-K dengan Toyota Grand Highlander.

Jika TZ benar merupakan versi listrik dari TX, maka Lexus cukup konsisten memberikan penamaan pada model-model buatannya. Sehingga, desain eksteriornya pun bisa dibayangkan akan seperti apa. Tapi, mungkin akan dibuat lebih aerodinamis.

Baca juga: Begini Jadinya kalau Lexus GX Jadi Truk Pikap

Sejauh ini, Toyota dan Lexus menggunakan platform e-TNGA untuk SUV listriknya. Platform tersebut berbagi komponen dengan platform TNGA yang menggunakan mesin pembakaran internal.

Lexus TXDok. Motor1.com Lexus TX

Tapi, untuk Lexus TZ disebutkan akan menggunakan platform khusus untuk mobil listrik. Sehingga, dari segi biaya lebih efektif dibandingkan platform e-TNGA.

Selain Eropa, Lexus TZ kabarnya juga akan dipasarkan di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com