Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek China Menginvasi GIIAS 2023

Kompas.com - 14/08/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Puluhan merek mobil penumpang berpartisipasi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung pada 10-20 Agustus.

Menariknya, ajang tersebut juga menjadi momentum bagi sejumlah merek mobil baru asal China untuk menunjukkan kebolehan di Indonesia. Mulai debut, sekadar perkenalan, sampai langsung penetrasi pasar.

Peserta pameran

Tercatat, ada lima merek mobil baru asal China baru yang memulai debut di Indonesia pada pameran otomotif nasional tahun ini. 

Baca juga: Merasakan Sleeper Bus PO Sinar Jaya Rute Solo-Jakarta Berangkat Pagi

Maxus Mifa 9 di GIIAS 2023KOMPAS.com / Daafa Maxus Mifa 9 di GIIAS 2023

Mereka adalah Great Wall Motor yang membawahkan merek Tank, Haval, dan Ora. Kemudian, ada juga Neta dan Maxus. Semua merek ini berada di bawah payung distribusi Grup Indomobil.

Merek China lain yang sudah eksis di Indonesia juga masih konsisten berpartisipasi pada ajang ini, mereka adalah Chery, DFSK, Wuling, Seres, dan MG.

Kalau dijumlah, total ada 10 merek mobil asal China yang berpartisipasi pada pameran yang bertempat di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Baca juga: Mau Kredit Motor Listrik Honda EM1 e:, Cicilan mulai Rp 1 Jutaan

Sementara itu, merek mobil lain yang ambil bagian pada ajang ini adalah Audi, BMW, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Volvo.

Kemudian ada empat merek perwakilan dari segmen kendaraan niaga, yakni Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Apabila diperinci, perwakilan dari Eropa ada delapan merek, Jepang punya 13 merek serta Korea Selatan diwakili dua merek.

Baca juga: Adu Fitur Mitsubishi XForce dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Lengkap?

Suzuki GIIAS 2023Suzuki Suzuki GIIAS 2023

Selain itu, terdapat 15 merek kendaraan roda dua yang turut serta. Hanya saja, Astra Honda Motor jadi satu-satunya merek motor asal Jepang di GIIAS 2023. Kemudian, ada Segway jadi merek roda dua perwakilan Amerika Serikat, Royal Enfield mewakili India, dan Ion Mobility asal Singapura.

Sementara itu, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, dan Vespa jadi lima merek motor dari Eropa. Adapun Benelli dan Keeway jadi dua merek asal China. Lalu, Alva, Exotic, Pacific, dan Polytron merupakan empat merek motor listrik lokal Indonesia.

Bila dijumlah semuanya, merek kendaraan China ada 12 merek, Jepang 14 merek, Eropa 13 merek, Indonesia empat merek, dan Korea Selatan dua merek. Tak ketinggalan pula Amerika Serikat, India, dan Singapura menyumbang masing-masing satu merek.

Baca juga: Pakai Platform Baru, Daihatsu Ayla Diklaim Lebih Nyaman

GWM Tank 500 di GIIAS 2023KOMPAS.com/ Daafa Alhaqqy Muhammad GWM Tank 500 di GIIAS 2023

Mobil listrik China

Kehadiran merek mobil asal China tidak boleh dianggap remeh. Dari sekian merek, bisa dibilang Wuling menjadi jenama asal Negeri Tiongkok yang paling sukses sejauh ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com