Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Sleeper Bus PO Sinar Jaya Rute Solo-Jakarta Berangkat Pagi

Kompas.com - 13/08/2023, 09:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Sinar Jaya merupakan perusahaan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang beroperasi sejak 1982. Usia perusahaan hampir lebih dari 40 tahun ini masih eksis dengan melakukan pembaruan berbagai layanan.

Salah satu layanan yang diberikan oleh PO SInar Jaya adalah bus Suite Class atau sleeper bus menggunakan bodi Legacy SR2 dan sasis Mercedes-Benz OH 1626 bermesin belakang.

Andalan Suite Class ada pada tempat duduknya yang diubah sedemikian rupa agar penumpang bisa rebahan dengan nyaman selama perjalanan.

Baca juga: PO Sinar Jaya Buka Trayek Baru, Kepanjen - Poris Pakai Bus Eksekutif

Tempat duduk PO Sinar Jaya Suite Class bisa direbahkan dilengkapi selimut dan bantalKompas.com/Erwin Setiawan Tempat duduk PO Sinar Jaya Suite Class bisa direbahkan dilengkapi selimut dan bantal

Kali ini, tim Redaksi Kompas.com dapat kesempatan untuk mencoba bus Sinar Jaya dengan rute Solo-Jakarta keberangkatan pagi dengan tarif Rp 335.000. Bus ini punya kapasitas 22 orang penumpang . Terasa ekslusif!

Bodi bus yang digunakan adalah buatan Karoseri Laksana, Legacy SR2 dengan ubahan interior cukup unik pada bagian tempat duduknya. Bila biasanya tempat duduk ditata berdampingan 2-2 kanan dan kiri, pada Suite Class ini jok ditumpuk bertingkat kanan dan kiri dengan konfigurasi 1-1.

Joknya dapat direbahkan hingga 150 derajat sehingga penumpang bisa rebahan layaknya tempat tidur. Bahan jok nyaman, terbuat dari busa berbalut perpaduan kain bludru dan kulit asli membuatnya terasa mewah.

Baca juga: PO Sinar Jaya Punya Trayek Baru, Pringsewu-Yogyakarta via Ciamis

PO Sinar Jaya Sleeper Bus memiliki kabin yang nyamanKompas.com/Erwin Setiawan PO Sinar Jaya Sleeper Bus memiliki kabin yang nyaman

Bus ini juga tampak memberikan privasi lebih kepada penumpang karena dilengkapi gorden hitam yang bisa membatasi pandangan penumpang lain. Jadi sudah seperti hotel kapsul di atas dek bus.

Tidak hanya nyaman, tempat duduk juga dilengkapi sabuk yang bisa meningkatkan keselamatan penumpang selama perjalanan. Di beberapa sisi juga tersedia pemecah kaca jendela untuk bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Pada bagian samping tempat duduk terdapat sandaran tangan berbentuk meja memanjang dari depan ke belakang. Di area tersebut terdapat cup holder dan laci yang cukup berguna untuk menaruh benda seperti botol, gelas atau benda lainnya.

Baca juga: PO Sinar Jaya Punya Trayek Baru, Bogor-Jember Pakai Bus Eksekutif

Tempat duduk unik konfigurasi 1-1 PO Sinar Jaya Suite ClassKompas.com/Erwin Setiawan Tempat duduk unik konfigurasi 1-1 PO Sinar Jaya Suite Class

Terdapat juga dua colokan USB dengan daya output 2 ampere dan 5 ampere yang bisa digunakan untuk mengecas handphone dan sejenisnya.

Pada bagian depan penumpang juga disajikan layar sentuh audio video on demand (AVOD) yang bisa memutar lagu, film, navigasi dan permainan untuk menemani perjalanan setiap penumpang.

PO Sinar Jaya juga menyediakan selimut dan bantal agar bisa digunakan saat penumpang tidur sehingga tidak kedinginan di dalam kabin full AC.

Baca juga: PO Sinar Jaya Luncurkan Trayek Baru Bogor-Banjarnegara

Meja di sebelah tempat duduk tersedia cup holder dan port USB.Kompas.com/Erwin Setiawan Meja di sebelah tempat duduk tersedia cup holder dan port USB.

Selain itu, PO Sinar Jaya rute Solo-Jakarta keberangkatan pagi pukul 7:00 WIB ini juga memberikan servis makan satu kali di rumah makan Sari Rasa Weleri, Kendal dan minuman gratis yang bisa dibuat secara mandiri.

Toilet juga disediakan meski hanya boleh digunakan buang air kecil saat bus melaju. Di sebelahnya juga ada ruang kopi, sehingga penumpang bisa membuat kopi instan atau teh secara mandiri.

Selama perjalanan dari Terminal Tirtonadi sampai Terminal Kampung Rambutan bus tidak banyak berhenti, dan terus melewati Tol Trans Jawa sehingga waktu yang dibutuhkan cukup singkat hanya sekitar 8 jam.

Baca juga: PO Sinar Jaya Punya Trayek Kampung Rambutan–Solo, Pakai Bus Suite Class

Secara keseluruhan, pelayanan yang diberikan PO Sinar Jaya cukup menyenangkan. Dengan biaya Rp 335.000 perjalanan Solo-Jakarta terasa sangat singkat terlebih lagi penumpang bisa tidur dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com