Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Akan Bangun Fasilitas Charging Station untuk Fuso eCanter

Kompas.com - 11/08/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – eCanter resmi meramaikan pasar kendaraan niaga Indonesia. Nantinya, kendaraan niaga tersebut bakal jadi truk listrik pertama yang dijual di Tanah Air. Rencananya, penjualan eCanter akan dilakukan mulai tahun depan (2024)

Duljatmono, Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan untuk memperkuat ekosistem kendaraan niaga berbasis listrik.

“Waktunya memang tahun depan untuk dipasarkan, tapi waktunya yang tepat masih kita bicarakan sampai persiapannya matang karena peluncuran kendaraan baru bukan sekedar peluncuran benda, tapi layanan after salesnya harus lengkap dan benar-benar siap. Termasuk fasilitas charging,” kata Duljatmono di booth Mitsubishi Fuso yang ada di GIIAS 2023, Kamis (11/8/2023).

Baca juga: Hanya Perlu Sedikit Penyesuaian, Mobil Lama Bisa Dikonversi Jadi E100

Rencananya, eCanter akan dipasarkan untuk wilayah perkotaan dulu. Maka dari itu akan disiapkan pula charging station yang penempatannya ada dimana-mana seperti mobil penumpang berbasis listrik.

Terkait hal tersebut, eCanter sudah sudah melakukan serangkaian tes yang dilakukan bersama beberapa perusahaan di Indonesia seperti B-Log, Nestle, Pos Indonesia dan GoTo. Dari uji coba yang dilakukan sejak akhir tahun lalu hingga awal 2023, respon dari perusahaan tersebut menunjukan hasil yang positif bagi eCanter. 

New Fuso eCanter di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI New Fuso eCanter di GIIAS 2023

Baca juga: Bos Toyota Bilang Alphard Hybrid Bakal Saingi Model Bensin

“Ada 5 perusahaan semuanya memberikan respon yang sangat positif terhadap produk eCanter. Mulai dari akselerasi, kenyaman dan untuk belok sangat antusias. Kelima perusahaan ini masih belum bisa dipastikan akan beli karena belum bicara harga, tapi minat sudah ada,” kata Duljatmono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com