Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2023, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka, Kamis (10/8/2023). BMW Indonesia menjadi salah satu produsen otomotif memamerkan lini produk andalannya di lantai pameran.

Salah satunya adalah kendaraan elektrifikasi BMW XM Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang untuk pertama kalinya dihadirkan di Indonesia.

“XM ini sangat luar biasa, karena ini adalah pure M. Kita punya M1, jadi memang benar-benar dibuat hanya untuk M. Biasanya kan kita ada seri 3 kemudian ada M3, seri 3 ada M4. Jadi ini benar-benar ikonik dari BMW M,” ucap Jodie di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Toyota GR Corolla Buka Selubung di GIIAS 2023

Mobil hybrid ini dapat melaju hingga 85 kilometer dengan tenaga listrik sepenuhnya. Kapasitas baterainya sendiri hanya 27,5 kWh. Mesin BMW XM dipadukan dengan sistem transmisi M Steptronic 8-percepatan.

Desain dasbor BMW XMBMW Desain dasbor BMW XM

Jodie melanjutkan, meski baru diluncurkan XM PHEV sudah banyak dipesan oleh konsumen BMW. Namun, dirinya enggan menyebut secara rinci berapa unit yang sudah dipesan oleh konsumen.

“Sudah banyak sekali yang pesan, (jumlahnya) cukup. Pastinya untuk jumlahnya sangat terbatas, karena memang ini kendaraan spesial kalau berminat memang segera,” kata Jodie.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Batik Hadir di GIIAS 2023, Tidak Dijual

Sebagai informasi, BMW XM merupakan Sport Activity vehicle (SAV) yang mengambil basis dari platform SUV X.

Pada dapur pacunya, BMW XM dibekali dengan mesin 4.4 L twin-turbo V8. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor elektrik. Total tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 653 tk pada 5.400 rpm dan torsi 800 Nm pada 1.600 rpm.

Bicara soal harga, BMW XM dibanderol Rp 5,597 miliar (off the road Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com