Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haval Ungkap Keunggulan Transmisi di Mobil Hybrid H6 dan Jolion

Kompas.com - 11/08/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Great Wall Motor (GWM) merupakan produsen otomotif pendatang baru asal China yang tidak lama lagi akan memproduksi mobil hybrid dan listrik di Indonesia.

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, GWM membawa sejumlah merek, seperti Haval, Ora, dan Tank.

Secara strategi pasar, Haval akan fokus memproduksi dan menjual SUV di pasar otomotif nasional. Sebagai perkenalan, membawa dua model, yaitu Haval H6 HEV dan Jolion HEV.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Hybrid Haval yang Akan Tampil di GIIAS 2023

Haval H6 HEV dari GWMKompas.com/Erwin Setiawan Haval H6 HEV dari GWM

Jenama otomotif asal China itu mengandalkan teknologi dedicated hybrid transmission (DHT) untuk sistem transmisi.

Constatinus Herlijoso, General Manager PT Inchcape Indomobil Energi Baru mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan transmisi DHT, karena dilihat dari spesifikasinya memiliki torsi yang cukup besar.

“Haval, keduanya mampu menghasilkan torsi maksimal sampai 500 Nm, artinya mobil ini cukup tangguh untuk melibas tanjakan, selain itu kami juga memperhatikan kenyamanan pengendara sehingga transmisi otomatis menjadi pilihan,” ucap Herlijoso kepada Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Intip Spesifikasi GWM Tank 500 yang Dipamerkan di GIIAS 2023

Interior Haval merek dari GWM yang meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Interior Haval merek dari GWM yang meluncur di GIIAS 2023

Herlijoso mengatakan justru transmisi DHT menjadi andalan pada Haval karena kemampuannya dalam mengolah penyaluran tenaga mesin.

Mobil hybrid membutuhkan transmisi khusus, sehingga tidak hanya soal tenaga yang dibicarakan namun juga kenyamanan serta efisiensi konsumsi BBM.

“Dengan DHT maka tenaga mesin bisa disokong oleh motor listrik saja pada saat EV mode, bisa juga disokong oleh mesin bakar dan motor listrik secara bersamaan pada saat paralel hybrid, dan tenaga mesin juga bisa menggerakkan laju kendaraan sekaligus mengisi daya baterai,” ucap Herlijoso.

Baca juga: Tahun Depan GWM Mulai Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com