Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Hajar Batu Bata Hebel yang Jatuh di Jalan Tol

Kompas.com - 04/08/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi di jalan tol membutuhkan konsentrasi tinggi. Bukan hanya karena mengendarai dalam kondisi kencang tapi juga mesti waspada pada benda-benda tak terduga yang ada di ruas jalan.

Seperti dalam video viral yang diunggah akun Instagram, Dashcam Owners Indonesia, terlihat pengemudi mobil berusaha menghindari batu bata hebel yang berada di lajur kanan atau lajur paling cepat, di Tol Karawaci-Bitung arah Merak.

Baca juga: Bahaya Nyata Menyalip Kendaraan Besar dari Sebelah Kiri

Hebel merupakan sebutan untuk batu bata ringan berwarna putih yang digunakan untuk bahan material pembuatan dinding atau tembok.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

"Ada batu hebel di jalur cepat, kemungkinan besar jatuh dr truk material hebel. Sangat berbahaya sekali. Walaupun kecepatan mobil tidak begitu tinggi, tetap mobil depan kagok dan sempat banting stir, dan batu nya tidak terlempar ke belakang atau ke samping. Mohon pengelola tol atau PJR bisa lebih menertibkan truk-truk seperti ini," tulis keterangan video dikutip Jumat (4/8/2023).

Mengingat, apa saja bisa terjadi di ruas jalan tol maka Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipatuhi seorang pengendara ketika melintasi jalan tol.

1. Menjaga kecepatan

Melaju di jalan bebas hambatan, bukan berarti pengemudi bisa bebas menginjak gas dan melajukan kendaraannya. Selain bisa berbahaya berkendara di jalan tol juga ada batasan kecepatan yang wajib dipatuhi oleh pengendara.

Baca juga: Pengakuan Maling Motor Tak Bisa Curi Motor Keyless

Gerbang Tol Tebing Tinggi pada ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.Dok. Hutama Marga Waskita Gerbang Tol Tebing Tinggi pada ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Rata-rata, batas kecepatan yang diperkenankan di ruas tol maksimal 80 kilometer per jam. Dengan batas minimal kecepatan mencapai 60 kilometer per jam.

“Agar aman saat berkendara tetap menjaga kecepatan laju kendaraan sesuai dengan speed limit yang diperbolehkan,” ujar Marcell kepada Kompas.com, Minggu

2. Sesuaikan lajur

Ada sejumlah rambu yang juga harus dipatuhi oleh setiap pengemudi. Saat melintasi jalan tol tentunya ada rambu, salah satunya adalah rambu agar pengendara tidak berjalan di lajur sebelah kanan selama berkendara.

Lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang hendak mendahulu kendaraan lain di depannya. Sementara, jika berkendara dalam kecepatan normal dan tidak mendahului kendaraan sebaiknya tetap melaju di lajur kiri.

“Sesuaikan kecepatan dengan lajur yang dipilih dan gunakan lajur sesuai peruntukannya,” ucapnya.

3. Jaga jarak aman

Kecelakaan di ruas tol seringkali melibatkan sejumlah kendaraan atau beruntun. Karena itu penting agar pengemudi tetap menjaga posisi jarak aman kendaraan.

Baca juga: Beat dan Scoopy Hasil Curian Dijual ke Penadah Rp 3 Juta

Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023). Dok. PJR Tol Cipularang via Tribun Jabar Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com