Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dari Polisi buat Cegah Curanmor di Lingkungan Rumah

Kompas.com - 02/08/2023, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian sepeda motor tetap marak meski penjahat sudah ditangkap polisi. Ibarat patah satu tumbuh seribu, pelaku curanmor terus bermunculan.

Kapolsek Tambora, Jakarta Barat, Kompol Putra Pratama mengatakan, pencegahan pencurian sepeda motor harus dilakukan dari hulu sampai hilir. Pemilik motor mesti paham memang ada motor tertentu yang diincar pencuri.

Baca juga: Cat Duco Pinggir Jalan, Solusi Instan buat Mobil Baret

Pencegahan dari hilir perlu ditingkatkan. Masyarakat sebagai konsumen pengguna sepeda motor terutama pemilik skutik seperti Honda Beat, Vario, Scoopy serta Yamaha Mio dan Nmax, perlu lebih waspada.

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Tangkapan layar Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

"Pemilik motor yang menjadi target atau sasaran utama pelaku, harus mengetahui dan menyadari bahwa motor yang dia beli memiliki security system standar pabrikan yang sangat lemah," ujar Putra dalam keterangan resmi, belum lama ini.

Untuk itu, Putra mengimbau pemilik motor harus secara swadaya menambah kunci ganda SNI, alarm dan GPS untuk antisipasi jika terlanjur hilang masih bisa dilacak.

"Motor agar diparkir di garasi atau tempat parkir yang seharusnya. Motor tidak boleh diparkir di gang atau di jalan umum karena gang atau jalan umum adalah milik bersama yang mudah diakses oleh orang lain termasuk pelaku kejahatan," kata dia.

Baca juga: Jelang MotoGP Inggris 2023, Marc Marquez Mengaku Siap Fisik dan Mental

Putra juga mengatakan bahwa pencegahan curanmor harus dilihat dari faktor keamanan lingkungan. Perlu ada kesatuan dari polisi, Koramil serta Pol PP untuk meningkatkan patroli gabungan pencegahan untuk pemeliharaan Kamtibmas.

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Dokumentasi Polsek Tambora Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

"Dilaksanakan juga patroli kendaraan oleh unit patroli Polsek, dan juga patroli jalan kaki oleh Bhabinkamtibmas," katanya.

Baca juga: Ingat Ada Batas Kecepatan Maksimum pada Ban Mobil

Di sisi lain menurut Putra, setiap kelemahan yang ditemukan oleh penjahat maka di situ produsen motor alias agen pemegang merek (APM) harus melakukan perbaikan secara terus-menerus.

Dari beberapa rekaman CCTV kejadian curanmor yang banyak diunggap di media sosial terlihat bahwa begitu mudahnya para pelaku mencuri sepeda motor hanya dalam hitungan detik.

"Saat ini, waktu yang dibutuhkan para penjahat ini untuk mencuri sepeda motor malah semakin cepat di bawah 5 detik," ujar Putra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com