Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Land Cruiser Resmi Meluncur, Tampang Retro Modern

Kompas.com - 02/08/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota baru saja meluncurkan generasi baru terbaru dari Land Cruiser untuk pasar global. 

Seperti diketahui, Land Cruiser dikenal dengan bentuknya yang kotak, tampilannya yang gagah, serta kemampuan off-road.

Secara bertahap, mobil ini diubah menjadi SUV tujuh penumpang dengan tampilan mewah dan harga tinggi, yang membuat kehilangan sebagian besar gaya ikoniknya.

Seolah ingin mengembalikan kejayaannya, Toyota menghadirkan generasi baru Land Cruiser dengan tampang retro layaknya generasi awal, namun tetap terlihat modern.

Baca juga: Impresi Singkat Menjajal Honda Tiger Bertenaga Listrik

Kabarnya mobil ini juga menjadi Land Cruiser dengan harga terjangkau, sebab banderolnya di kisaran 50.000 USD atau sekitar Rp 757 juta. Berbeda dari pendahulunya yang dijual sekitar 85.000 USD atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Dikutip dari Carscoops, Rabu (2/8/2023), Land Cruiser terbaru memiliki dimensi panjang 4.920 mm, lebar 2.139 mm, dan tinggi 1.859 mm, dengan wheelbase 2.850 mm. Artinya, mobil ini lebih panjang 163 mm dari Land Rover Defender 110.

Generasi baru Land Cruiser ini hadir dalam tiga pilihan, yakni First Edition, Land Cruiser 1958, dan Land Cruiser.

Toyota Land Cruiser 2024Doc Carscoops Toyota Land Cruiser 2024

Untuk Land Cruiser 1958 menampilkan lampu depan LED berbentuk bulat serta gril kotak dengan tulisan “TOYOTA". Sementara varian Land Cruiser hadir mengadopsi lampu depan persegi panjang mirip seperti yang digunakan pada FJ62 dari pertengahan 1980-an.

Adapun untuk First Edition hadir dalam jumlah yang terbatas, yakni hanya 5.000 unit saja. Varian ini akan mendapatkan skid plate depan yang unik, roof rack serta rock rails.

Semua trim dibekali dengan pelek 18 inci, hanya saja untuk Land Cruiser mendapat opsional pelek 20 inci. Land Cruiser dan First Edition juga dibekali ban yang lebih lebar dibandingkan trim 1958.

Berlanjut ke bagian interior, kabin Land Cruiser didominasi dengan warna hitam yang tampak sporty. Untuk Land Cruiser 1958 sudah dibekali dengan tombol start stop, serta sistem Toyota Audio Multimedia 8 inci.

Konsumen juga mendapat kursi dengan fitur pemanas, sistem audio enam speaker, charger smartphone nirkabel dan inverter AC 2400W.

Toyota Land Cruiser 2024Doc Carscoops Toyota Land Cruiser 2024

Sementara untuk trim Land Cruiser hadir dengan fitur yang lebih lengkap, selain kursi pemanas konsumen juga mendapat ventilated SofTex yang bisa disesuaikan. Sistem infotainment juga lebih besar, yakni ukuran 12,3 inci yang dilengkapi dengan audio sepuluh speaker.

Konsumen yang mengincar kemewahan bisa memilih paket premium, menambahkan jok kulit berpemanas dan berventilasi, head up display, dan sistem audio premium JBL 14 speaker. Paket ini juga mencakup kaca spion digital dan moonroof.

Sayangnya, Toyota tidak banyak bicara tentang interior First Edition, namun terlihat jok kulit serta logo “First Edition” yang di embos di panel pintu.

Bicara soal jantung pacu, Land Cruiser untuk pasar Amerika Serikat dibekali dengan mesin 2.400 cc empat silinder turbocharged i-Force hybrid, dengan tambahan baterai berkapasitas 1,87 kWh. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis delapan kecepatan dengan motor listrik terintegrasi.

Toyota Land Cruiser 2024Doc Carscoops Toyota Land Cruiser 2024

Dengan gabungan mesin bensin dan baterai, Land Cruiser 2024 mampu menghasilkan tenaga sebesar 326 hp dan torsi 630 Nm.

Baca juga: Tren Penggunaan Ban Cacing Sempat Ramai, Kini Sudah Sepi

Soal fitur keselamatan, generasi baru dari Land Cruiser ini sudah dibekali dengan rangkaian sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense 3.0. Ini mencakup Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (Lane Centering), and a Pre-Collision System with Pedestrian Detection.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com