Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Desain Eksterior SUV Baru Mitsubishi

Kompas.com - 01/08/2023, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum peluncuran resmi di GIIAS 2023, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan desain eksterior dari The New SUV di Jakarta, Senin (31/8/2023).

Mitsubishi Motors juga sempat merilis informasi melalui beberapa teaser sebagai petunjuk dari model produksi dari The New SUV, termasuk desain, drive mode dengan empat pilihan, dan juga Dynamic Sound Yamaha Premium.

“Dengan pengembangan dari desain, fitur dan teknologi yang berdasar pada riset mendalam dan tes berdasarkan kebutuhan konsumen ASEAN, The New SUV datang dengan kekuatan penuh untuk dapat menjadi teman perjalanan terbaik untuk perjalanan hidup masyarakat Indonesia,” ucap Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Senin (31/8/2023).

Baca juga: Belum Resmi Diluncurkan, The New SUV Kirim ke Konsumen November 2023

Tampilan samping The New SUV, mobil baru lansiran Mitsubishi berbasis XFC ConceptKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tampilan samping The New SUV, mobil baru lansiran Mitsubishi berbasis XFC Concept

Jika dilihat secara keseluruhan, desain The New SUV Mitsubishi ini terlihat mirip dengan XFC Concept yang pertama kali diperkenalkan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Februari 2023 lalu.

Bicara soal dimesin, The New SUV memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.660 mm serta ground clearance 222 mm. Dimensi tersebut lebih besar, tinggi dan lebar dari Honda HR-V yang menjadi pesaingnya di kelas SUV ringkas.

Tak hanya itu, ground clearance The New SUV juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan Honda HR-V maupun Hyundai Creta.

Di sisi eksterior, guratan fender yang tegas semakin menguatkan DNA SUV pada mobil ini. The New SUV mengusung konsep Dynamic Shield yang menghasilkan kesan sporty dan modern.

The New SUV, mobil baru lansiran Mitsubishi berbasis XFC ConceptKOMPAS.com/Adityo Wisnu The New SUV, mobil baru lansiran Mitsubishi berbasis XFC Concept

Desain lampu dirancang seperti bentuk L yang bila dikolaborasikan dengan DRL pada bagian bawah, saat menyala akan membentuk T-shape. Desain lampu T-shape yang juga digunakan pada bagian belakang (stop lamp) sekaligus mempertegas sudut-sudut dan memberikan kesan yang lebih lebar pada The New SUV.

Pada bagian samping, jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi yang menguatkan karakter khas SUV. Dipadukan dengan roda 18 inci, dan ban berdiameter besar meningkatkan pengendalian di jalan yang kasar.

Sementara itu, hendel pintu menggunakan bentuk konvensional dengan desain pelek yang sama seperti versi konsep membuat tampilannya semakin terlihat sporty.

Adapun di bagian buritan desainnya cukup sederhana. Tampilan belakang di dominasi dengan lampu T-shape, yang dilengkapi dengan spoiler kecil dan bumper yang dibuat senada dengan warna body.

Baca juga: Ini Bocoran Fitur Unggulan SUV Terbaru Mitsubishi

Sayangnya, Mitsubishi Motors masih enggan memperlihatkan bagian interior dari The New SUV. Untuk informasi selengkapnya mengenai nama dan harga mobil ini akan diumumkan pada ajang GIIAS, 10 Agustus 2023 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com