Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawal Panglima TNI Pakai Motor Listrik Zero SR/F

Kompas.com - 30/07/2023, 08:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jajaran motor patroli dan pengawalan (Patwal) atau yang biasa disebut voorijder polisi atau TNI biasanya didominasi motor gede alias moge. Berbeda dari biasanya, kini sejumlah motor Patwal ini telah menggunakan kendaraan listrik.

Seperti dilansir dari TikTok @roccabarayaa (29/7/2023), terlihat deretan motor pengawal Panglima TNI terbaru, yang salah satunya adalah Zero SR/F.

Zero SR/F mengusung dapur pacu permanent magnet AC motor bertenaga sekitar 110 Tk dan torsi 190 Nm.

Baca juga: Merasa Dicurangi Bengkel Resmi Saat Servis, Pria Ini Curhat di Media Sosial

@roccabarayaa

bertemu lagi dengan abang kuu Daeng????

? suara asli - Rocca Baraya

 

Motor listrik ini dilengkapi baterai lithium ion berkapasitas 14,4 kWh, dengan bobot total mencapai 227 kg.

Untuk diketahui, motor Patwal TNI/Polri memang banyak yang sudah beralih ke kendaraan listrik. Apalagi semenjak momentum G20 di Bali pada November 2022.

Ketika itu, Polri menyiapkan 88 mobil listrik dan 94 motor listrik buat pengawalan dan pengamanan G20 di Bali. Jumlahnya pun disebut berangsur bertambah pada 2023.

Baca juga: Bocah di Bawah 12 Tahun Dilarang Mengendarai Sepeda Listrik

Namun dari video TikTok yang viral itu, salah satu yang menarik perhatian adalah soal kapasitas mesin yang disebut mencapai 1.200 cc. Padahal moge tersebut tidak mengusung mesin bakar internal, melainkan sebuah motor listrik.

Bagi yang penasaran berapa besar kapasitas atau penghitungan tenaga motor listrik, sebetulnya bisa dilihat dari STNK motor bersangkutan.

“Kalau di motor pada umumnya penghitungan pajak berdasarkan Centimeter Cubic (CC), pada motor listrik hitungannya kW,” ujar Brigjen Pol Yusri Yunus, Dirregident Korlantas Polri, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Sepeda Motor Overpopulasi di Indonesia, Bakar BBM Rp 7,24 T Per Hari

Ilustrasi motor listrik Zero SR/F, yang kerap dipakai sebagai motor PatwalDok. Zero Motorcycle Ilustrasi motor listrik Zero SR/F, yang kerap dipakai sebagai motor Patwal

Sebagai gambaran, pada motor listrik United TX3000 yang redaksi Kompas.com pernah coba, isi silinder pada STNK bertuliskan ‘00003’, atau berarti 3 kW.

United TX3000 sendiri merupakan motor listrik ukuran besar seharga Rp 49 jutaan, yang tampilanya menyerupai skutik gambot seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX.

Berdasarkan Permenhub No. 65 Tahun 2020 dalam pasal 12 ayat 4 huruf c, tertulis ukuran daya motor listrik dan penyesuaiannya dengan mesin motor bensin.

Baca juga: Modal Rp 30 Jutaan, Upgrade Toyota Fortuner Lawas Jadi GR Sport

Ilustrasi STNK motor listrik United TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi STNK motor listrik United TX3000

Buat contoh, motor dengan isi silinder sampai dengan 110 cc setara dengan motor listrik/dinamo sebesar 2 kW.

Kemudian motor dengan isi silinder lebih dari 110 cc sampai dengan 150 cc maksimal setara dinamo berkekuatan 3 kW. Sedangkan untuk mesin 150 cc sampai dengan 200 cc setara dengan motor listrik 4 kW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com