Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Kolaborasi Bajaj-Triumph, Siapkan Mesin 250 cc dan 350 cc

Kompas.com - 30/03/2023, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor ringkas hasil kolaborasi Bajaj dan Triumph kembali tertangkap kamera. Kali ini, motor bergaya scrambler tersebut sedang dites dekat Bajaj Auto Plant di Pune, India.

Dikutip dari Rushlane, motor kolaborasi pabrikan India dan merek Inggris ini mau mengincar pasar yang dirajai Royal Enfield, yakni 350cc. Renacanya motor Baja-Triumph akan meluncur akhir tahun ini.

Untuk harga, diperkirakan sekitar 200.000 rupee sampai 250.000 rupee setara Rp 36 juta sampai Rp 45 jutaan. Pada segmen tersebut, Royal Enfield menguasai 90 persen pangsa pasar dengan produk 350cc andalan.

Baca juga: Kolaborasi Bajaj dan Triumph Bikin Motor Bergaya Adventure

motor ringkas kolaborasi Bajaj dan TriumphRUSHLANE motor ringkas kolaborasi Bajaj dan Triumph

Model andalan Royal Enfield dengan mesin 350cc yang dimaksud seperti Classic, Bullet, Meteor, dan Hunter. Kalau dijumlah total, semua varian mencatatkan angka penjualan 60.000 unit per bulan.

Bajaj sebenarnya sudah berusaha untuk merebut sedikit pangsa pasar Royal Enfield di kelas tersebut. Bahkan Bajaj meluncurkan merek lain yakni Dominar untuk melaksanakan tugas tersebut yang sayangnya gagal.

Oleh karena itu, kerja sama Bajaj dan Triumph menjadi senjata baru untuk melawan Royal Enfield. Untuk permulaan, kabarnya akan disediakan dua pilihan mesin di motor baru Bajaj-Triumph, yakni 250cc dan 350cc.

Baca juga: Kenali Tanda Minyak Rem Mobil Harus Segera Diganti


Fitur yang akan disematkan seperti pendingin cairan, slipper clutch, quick shifter, ABS, ride by wire dan sebagainya. Selain itu, kemungkinan cuma versi 250cc yang dipasarkan di India, varian mesin 350 cc untuk pasar ekspor.

Soal spesifikasi mesin memang belum keluar, tapi sudah ada perkiraan tenaganya. Versi mesin 250 cc akan menghasilkan tenaga sekitar 30 Tk, sedangkan yang 350 cc kemungkinan bisa menghasilkan tenaga sekitar 40 Tk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com