Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi SMEV EM-1, Motor Listrik Baru yang Bisa Kustomisasi

Kompas.com - 24/07/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - SMEV, merek motor listrik yang diciptakan dari Studio Motor meluncurkan dua motor baru, EM-1 dan EM-T, Minggu (23/7/2023).

Bisa dibilang, SMEV menawarkan hal yang baru terkait motor listrik yang dijual, yakni opsi kustomisasi. Jadi pemesan bisa mengubah berbagai bagian yang disediakan, dari lampu bahkan ukuran baterai.

Donny Ariyanto, Founder SMEV menjelaskan, SMEV merancang, membuat, dan memproduksi kendaraan listrik yang disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan berkendara setiap individu.

Baca juga: Cara Ganti Ban Belakang Motor Listrik yang Terpasang Dinamo

SMEV EM-1, motor listrik lokal bergaya petualang yang bisa dikustomisasiKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI SMEV EM-1, motor listrik lokal bergaya petualang yang bisa dikustomisasi

“Setiap pengendara itu unik, itulah sebabnya SMEV menawarkan berbagai opsi penyesuaian untuk menjadikan motor listrik yang bisa disesuaikan. Mulai dari pilihan warna, penyesuaian ergonomis jok dan setang sampai ke peningkatan performa yang terintegrasi dengan teknologi," kata Donny di peluncuran EM-1 dan EM-T, Minggu (23/7/2023).

Secara spesifikasi, EM-1 dilengkapi dengan baterai 72V 40 Ah yang dipadukan dengan dinamo 3.000 Watt yang ada di tengah bodi. Hasilnya, motor diklaim bisa menempuh jarak 120 Km dan kecepatan puncak 105 Kpj.

Soal desain, EM-1 kalau diperhatikan jadi teringat dengan Honda CT-125. Tampilannya seperti motor bebek petualang, dengan rangka yang kokoh dan bagian bodi yang hampir seluruhnya dari bahan serat karbon.

Baca juga: Ingat Kembali, Beda Sanksi Tidak Punya dan Tidak Bawa SIM

SMEV EM-1, motor listrik lokal bergaya petualang yang bisa dikustomisasiKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI SMEV EM-1, motor listrik lokal bergaya petualang yang bisa dikustomisasi

Bukan cuma bahan premium, bagian yang dipasang juga dipilih dari merek yang diklaim berkualitas. Jadi memang sejak awal, dibangun dengan bahan-bahan berkualitas agar memberikan rasa yang premium.

Sebut saja dari bagian suspensi depan sudah upside-down, belakang memakai model dua shockbreaker, pelek jari-jari, rem cakran depan dan belakang, ban dual-purpose, bangku empuk dilapis dengan bahan kulit, dan sebagainya.

Tapi ingat, komponen di atas tadi bisa disesuaikan dengan keinginan. Misal model lampu tidak ingin kotak, pelek ingin model alloy, ban juga bisa dipilih tipenya, sampai ukuran baterai yang lebih besar.

Bahkan saat peluncuran, ada EM-1 dengan tambahan rak di bagian samping, bisa untuk bawa papan seluncur atau skate board. Ada juga yang dipasang box samping untuk menunjang petualangan.

Soal harga, EM-1 standar dibanderol mulai Rp 79 juta. Harga akan disesuaikan dengan opsi yang dipilih dari konsumen, misal tambahan rak, kapasitas baterai, ban yang besar, tentu akan menentukan harganya.

Untuk penjualan, SMEV bisa dipesan lewat laman smevmoto.com. Lalu akan ada dua diler di Jakarta dan Bali untuk penjualan langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com