Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Kekuatan Motor Listrik, Komunitas Ini Touring Sejauh 130 Km

Kompas.com - 23/07/2023, 17:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia (KOSMIK) menyelenggarakan acara bertajuk Touring Pake Molis, Minggu (23/7/2023). Diikuti oleh sekitar 80 peserta, menempuh rute dari Jakarta Pusat menuju Citorek sejauh 130 kilometer.

Ada beragam merek motor listrik yang datang di acara ini, mulai dari Niu, Alva, Gesits, United, bahkan beberapa yang berjenis konversi.

Maman Suparman, anggota senior Kosmik sekaligus penggagas touring menjelaskan, acara ini memiliki dua tujuan utama, yakni edukasi internal dan eksternal.

Baca juga: Sebelum Beli Motor Listrik Bekas, Cek Dulu Komponen Ini

Peugeot Satelis konversi listrikKompas.com/Daafa Alhaqqy Peugeot Satelis konversi listrik

“Touring kan kegiatan jarak jauh, harapannya lewat acara ini, anggota yang ikut bisa semakin paham dengan motor listriknya. Apa saja keenakannya, apa saja tantangan dan penyakitnya,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (23/7/2023).

Dia melanjutkan, acara ini juga diharapkan bisa menjadi kampanye akan kualitas motor listrik. Kualitasnya semakin baik dan jarak tempuh tidak lagi menjadi kendala.

“Masih banyak masyarakat yang mengira motor listrik itu penyakitan, gampang rusak, dan semacamnya. Padahal enggak kok, aman-aman saja, bahkan buat touring jarak jauh,” ucap Maman.

Acara ini juga didukung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai technical support, di mana telah disediakan fasilitas berupa SPKLU Jatinga sebagai rest area para peserta.

Baca juga: Video Fortuner Putar Balik di Jalan Tol, Berbahaya dan Bikin Macet

Acara touring komunitas motor listrikKompas.com/Daafa Alhaqqy Acara touring komunitas motor listrik

Dika Nugraha, Head Manager PLN Jatinga menjelaskan, pihaknya akan selalu mendukung pelaksanaan program yang melibatkan kendaraan listrik.

“Selama masih menyangkut program elektrifikasi dan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), kami akan siap memberikan support,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengamini supaya progrm-program dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kendaraan listrik akan meningkat.

“Karena program semacam ini (touring motor listrik), bisa jadi edukasi yang baik sekali untuk masyarakat. Semakin banyak yang paham, semakin meningkat pula minat untuk menggunakan motor listrik,” ucap Dika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com