Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pengendara Motor Tabrakan Saat Menyeberang, Siapa yang Salah?

Kompas.com - 22/07/2023, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara motor di Indonesia bisa dibilang hampir semuanya autodidak ketika belajar motor. Makanya, sering kejadian kecelakaan yang cukup konyol atau sebenarnya bisa dihindari.

Misal seperti pada video singkat yang diunggah akun Dashcam Indonesia, di mana ada pengendara wanita yang mau menyeberang jalan. Mobil yang dari arah berlawanan memberi jalan, tapi dia malah ditabrak motor yang menyalip dari kiri mobil.

Kalau dilihat, pengendara wanita tadi setelah diberi jalan langsung saja tancap gas. Tapi, motor yang menabraknya juga bisa dibilang tidak hati-hati, jadi siapa yang salah?

Baca juga: Ribut di Jalan Berujung Tabrakan, Pengendara Motor Harus Waspada

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kedua pengendara. sama-sama tidak hati-hati di jalan. Pengendara yang mau berbelok sebaiknya menunggu sampai situasi di depan aman untuk dilewati.

“Jadi dia tidak tiba-tiba menyeberang jalan. Sedangkan bagi kendaraan yang lurus, sebaiknya selalu waspada ketika berkendara dengan melihat jauh ke depan sehingga bisa memprediksikan bahaya,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pengendara yang lurus sangat tidak melihat jauh ke depan. Dia pikir saat ada mobil yang berhenti di lajur kanan artinya aman saja menyalip dari kiri, padahal dia tidak kelihatan kalau ada motor yang mau melintas.

Baca juga: 7 Bulan Berjuang, Pria Ini Dapat Ganti Rugi Usai Mobil Hilang di Hotel


“Banyak kecelakaan terjadi akibat pengendara kurang sabar. Padahal dengan sedikit sabar, tidak akan terjadi kecelakaan di jalan,” kata Agus.

Andai saja pengendara wanita tidak langsung tancap gas, juga si penabrak tidak asal menyalip dari kiri. Mungkin saja kejadian tabrakan kecil seperti di video tidak akan terjadi, semuanya aman di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com