Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bulan Berjuang, Pria Ini Dapat Ganti Rugi Usai Mobil Hilang di Hotel

Kompas.com - 21/07/2023, 07:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melalui proses yang cukup panjang, Christopher Ryan, yang mobilnya hilang saat parkir di salah satu hotel di Bogor, Jawa Barat, Januari lalu, akhirnya mendapat ganti rugi dari pihak hotel.

Ryan mengatakan, sudah ada perdamaian antara dirinya dengan pihak hotel. Dia mengatakan, semoga kejadian seperti ini bisa menjadi studi kasus untuk banyak pihak terutama konsumen yang mobilnya hilang di area hotel.

Baca juga: Bocor, Tampilan Interior Mini Electric 2024 yang Minimalis

"Hari ini sudah disepakati nota perjanjian saya Chris Ryan dengan pihak Hotel The Mirah Bogor, yang isinya perdamaian dan kami saling jaga silaturahmi, kekeluargaan dan pengalaman, dan koreksi," kata Ryan kepada Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Christopher Ryan B.Sc.Bm. (@christ_ryan)

 

"Meski harga mobil nilainya Rp 120 juta, setelah melalui proses panjang hotel akhirnya mengajukan asuransi dari mereka dan disetujui angka Rp 90 juta. Tapi saya tetap bersyukur, paling tidak, tidak hilang seluruhnya," katanya.

"Buat saya ini pelajaran memilih parkir hotel, dan dari hotel juga sudah mengoreksi dengan menambah CCTV dan ditambah penjagaan, jadi benar-benar dua pihak sama-sama koreksi," ujar Ryan.

Untuk diketahui, kasus pencurian mobil Ryan terjadi di lobby hotel yang dijaga oleh satpam. Toyota Calya tipe G 2018, warna hitam dengan pelat nomor B 1569 ZKI miliknya hilang saat parkir di lobby hotel yang memiliki lahan parkir model terbuka.

Baca juga: Bocor, Tampilan Interior Mini Electric 2024 yang Minimalis

"Saya mendorong semua pihak yang mengalami hal sama dengan saya (mobil hilang di hotel) untuk memperjuangkan haknya apabila mobil anda parkir di area hotel, itu adalah ranah dan tanggung jawab hotel," ujar Ryan.

"Apabila tidak direspon atau bagaimana, walau saya dengan pengacara, apapun itu akhirnya saya bisa mendapatkan hak saya walaupun nominalnya tidak sesuai ekspektasi saya, tapi itu jauh lebih baik daripada hilang sama sekali," katanya.

Kronologis

Ryan mengatakan, mobilnya dipakai oleh orang tua dan adiknya untuk menginap di salah satu hotel di Bogor, Jawa Barat. Keluarganya masuk pada tanggal 6 Februari 2023 dan mobil sudah raib pada tanggal 7 Februari 2023.

Baca juga: Bocor, Tampilan Interior Mini Electric 2024 yang Minimalis

Ilustrasi Toyota CalyaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi Toyota Calya

Ayahnya kemudian menghubungi Ryan pada pukul 9.00 WIB untuk menanyakan STNK. Ryan awalnya berpikir orang tuanya kena tilang sebab STNK ada di dalam mobil namun ternyata mobilnya hilang.

Ryan kemudian meminta pertanggungjawaban dari pihak hotel. Saat itu pihak hotel mengatakan akan bertanggung jawab namun baru sekadar memfasilitasi pengaduan ke Polsek Bogor Tengah.

Pihak hotel, kata Ryan, menyatakan kalau lobi hotel merupakan ruang publik (public space). Pihak hotel juga berasumsi bisa jadi kunci mobil diduplikat sebab saat itu Ryan membeli mobil bekas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com