Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Gelap Tidak Menjamin Kabin Mobil Lebih Sejuk

Kompas.com - 20/07/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas belakangan ini membuat sebagian orang mengeluhkan kondisi kabinnya yang juga terasa panas. Tak sedikit yang berpikir untuk mengganti kaca filmnya.

Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa kaca film yang gelap akan lebih baik dalam mencegah panas karena matahari. Padahal, anggapan tersebut sebenarnya salah.

Baca juga: Tips Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Christopher Sebastian, Founder & CEO dari Makko Group, mengatakan, anggapan tersebut hanyalah paradigma orang zaman dulu, di mana kaca film yang gelap lebih teduh dalam menahan panas.

Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

"Tapi, zaman sekarang sudah canggih, teknologi juga sudah maju. Meskipun, kita menggunakan kaca film yang bening, itu tetap dapat menolak panas dengan baik," ujar Christopher, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Asalkan, tolak UV-nya bagus, tolak infrared-nya bagus, dan tolak solar energy rejection-nya juga bagus," kata Christopher.

Baca juga: Cuaca Panas, Ancaman Krisis Baru Industri Otomotif

Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.theclippingpoint Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.

Menurut Christopher, kaca film yang lebih gelap memang terkesan lebih teduh. Orang-orang melihatnya kaca film tersebut bisa lebih meredam cahaya.

"Jadi, secara efek psikologis kita merasa lebih teduh. Padahal, itu hanya efek cahaya saja yang silaunya lebih tereduksi dengan kaca film yang lebih gelap," ujarnya.

Makko Group sendiri memiliki beberapa merek kaca mobil yang ditawarkan, antara lain First Klass, Masterpiece, 02, Blacklist, Signature, Johnson, dan 3M.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com