Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 1984 Harga Jimny Cuma Rp 7 Jutaan, Ini Harga Bekasnya Saat ini

Kompas.com - 18/07/2023, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial mengenai daftar harga kendaraan bermotor di tahun 1980-an. Satu yang menarik ialah harga Suzuki Jimny yang dibanderol Rp 7.750.000.

Unggahan berupa foto yang diposting oleh akun Tiktok bernama yudinurulhakim5. Dalam postingan itu terlihat daftar harga mobil tersebut pada Mei 1984, di Malang tanpa Bea Balik Nama (BBN).

Harga tersebut tentu jauh berbeda dengan banderol mobil saat ini. Suzuki Jimny generasi terbaru misalnya saat ini dijual mulai Rp 443.000.000 dengan inden yang mengular.

Baca juga: Cek Pilihan Motor Listrik Bekas, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Suzuki Jimny bekas tahun 1991 Suzuki Jimny bekas tahun 1991

Namun bicara Jimny tahun tua merupakan salah satu mobil off road yang masih banyak penggemarnya di Indonesia. Unit Jimny klasik juga masih cukup sering terlihat di jalan yang mayoritas punya pehobi.

Bimo Maliki, pemilk showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall Jakarta Selatan, mengatakan, harga Jimny 1980'an umumnya sekitar Rp 30 juta-Rp 40 jutaan. Namun untuk yang kondisinya bagus, bisa mencapai Rp 90 jutaan.

Adapun saudaranya yaitu Katana, umumnya saat ini sekitar Rp 50 jutaan hingga Rp 60 jutaan. Sedangkan model yang sudah dimodifikasi, khususnya dengan komponen orisinal bisa melonjak hingga Rp 100 jutaan ke atas.

pada dasarnya yang membedakan Jimny biasa dan Jimny Sierra ialah bentuk bodi belakang. Adapun sasis, mesin, dan kaki-kaki sama.KOMPAS.com/Gilang pada dasarnya yang membedakan Jimny biasa dan Jimny Sierra ialah bentuk bodi belakang. Adapun sasis, mesin, dan kaki-kaki sama.

“Jimny atau Katana kalau sudah direstorasi ke model aslinya, pakai komponen JDM, apalagi yang model trepes, bisa mahal. Saya pernah dapat Katana di angka Rp 115 juta, kondisinya memang masih bagus,” kata Bimo kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Alasan Hyundai Luncurkan New Stargazer dengan Harga Off the Road

Populasi Suzuki Jimny Sierra tidak sebanyak Katana biasa di Indonesia. Karena itu di pasar harganya lebih mahal, bahkan tak sedikit yang melakukan operasi plastik mengubah Jimny biasa jadi Sierra.

Trastar, member Suzuki Jip Indonesa (SJI) mengatakan, Jimy punya beberapa jenis adapun Jimny Sierra merupakan model yang cukup dicari dan harganya lebih mahal dari Jimny biasa.

Suzuki Jimny SJ410Kompas.com/Fathan Radityasani Suzuki Jimny SJ410

Baca juga: Lorenzo Sebut Penyebab Keterpurukan Pabrikan Jepang karena Pebalap

Menurut dia saat ini harga Sierra di pasar tidak bisa ditebak. Orang menyebutnya "gelap" karena tidak ada patokan khusus tergantung penjual dan pembeli.

"Sierra gelap. Ini sebetulnya bukan hanya Jimny ya tapi semua Jip (mobil SUV 4x4) itu harganya semua tergantung yang jual dan yang beli. Patokan ada tapi bagaimana ya, gelap ya," ujar dia kepada Kompas.com.

Trastar mengatakan, harga bahan alias unit yang standar kondisi jelek bisa tembus Rp 80 juta. Itu dengan catatan ada yang jual, artinya memang banyak permintaan tidak ada barangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com