Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Cat mobil bisa mengalami kusam bila sering diparkir di ruang terbuka. Terik matahari dan hujan akan dengan mudah merusak cat hingga tampak korosi.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pemilik mobil harus benar-benar memperhatikan garasi dan melakukan upaya perawatan agar cat mobil tetap terlindung dan awet.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, sinar matahari langsung dapat merusak cat mobil, bahkan disarankan untuk parkir mobil di tempat yang teduh.

Baca juga: Hal Sepele yang Bikin Cat Mobil Cepat Kusam

Cat mobil mengelupas karena karat dari dalamKompas.com/Erwin Setiawan Cat mobil mengelupas karena karat dari dalam

“Jangan parkir mobil di bawah terik matahari, nanti cat mobilnya cepat kusam, sebelum terlambat sebaiknya kebiasaan itu diubah,” ucap Ibrohim dikutip dari Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Ibrohim mengatakan, sinar matahari cukup kuat, bahkan beberapa cat mobil yang kualitasnya rendah bisa mengalami kerusakan. Kecuali, mobil tersebut sudah dilindungi dengan cat tambahan di luar pabrikan.

Sementara itu, pemilik King Protection Ari Wijaya mengatakan, cuaca bisa membuat cat mobil kusam, baik itu panas matahari maupun hujan.

Baca juga: Ini Cara Mudah Menjaga Cat Mobil Tetap Awet

Cat mobil terkelupas dan mika menguning karena terpapar panas matahariKOMPAS.com/daafa Cat mobil terkelupas dan mika menguning karena terpapar panas matahari

“Cat mobil yang tidak terlindungi bisa cepat kusam bila terkena hujan-panas. Maka dari itu, cat mobil perlu dilindungi dengan pelapis, salah satunya yaitu coating,” ucap Ari kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ari mengatakan, cat mobil tanpa perlindungan masih memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga mudah kusam bila kena sinar matahari dan hujan.

Dengan teknologi nano ceramic maka pori-pori cat akan terisi sehingga senyawa penyusun warna lebih terlindungi menurut Ari.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Cat Mobil dan Perbaikan Bodi

Jadi, untuk mencegah korosi yang utama adalah mengubah kebiasaan buruk sering memarkir mobil di ruang terbuka. Selanjutnya, cat mobil memerlukan pelindung khusus agar cat tetap awet. Dengan demikian, cat mobil akan lebih awet dan terhindar dari korosi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com