Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebastian Vettel Kembali Geber Mobil F1, Pakai Bahan Bakar Sintetis

Kompas.com - 15/07/2023, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebastian Vettel yang sudah pensiun dari Formula 1 (F1) kembali menggeber mobil balap yang dijuluki jet darat tersebut. Tapi, mobil F1 yang digunakan Vettel mengonsumsi bahan bakar karbon netral.

Dikutip dari Carbuzz.com, Sabtu (15/7/2023), Vettel ikut berpartisipasi di Goodwood Festival of Speed di Inggris. Dia mengendarai mobil F1 koleksi pribadinya.

Baca juga: Sebastian Vettel Pensiun dari Formula 1

Ada dua mobil yang disiapkan, yakni Williams FW14B yang dulu dikendarai oleh Nigel Mansell pada 1992 dan meraih gelar juara dunia. Mobil satunya lagi adalah McLaren MP4/8 yang pada 1993 dikendarai oleh Ayrton Senna.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sebastian Vettel (@sebastianvettel)

Kedua mobil F1 ini diisi dengan bahan bakar sintetis. Meski demikian, tidak ada perubahan dari segi dapur pacu sekalipun menggunakan bahan bakar ramah lingkungan tersebut.

Bahan bakar sintetis yang digunakan pada kedua mobil balap Vettel diproduksi oleh P1 Fuels. Bahan bakar tersebut dibuat seratus persen bebas dari fosil.

Baca juga: Nissan GT-R Black Edition Milik Sebastian Vettel Dijual, Low Km

Sebastian Vettel menggeber mobil balap Formula 1 (F1) koleksi pribadinya yang menggunakan bahan bakar sintetis pada Goodwood Festival of SpeedDok. Goodwood Sebastian Vettel menggeber mobil balap Formula 1 (F1) koleksi pribadinya yang menggunakan bahan bakar sintetis pada Goodwood Festival of Speed

"Senang sekali bisa kembali ke Goodwood setelah bertahun-tahun. Saya tidak sabar untuk berada di belakang kemudi beberapa mobil saya yang paling berkesan, yang akan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan selama akhir pekan," ujar Vettel.

Ketika Vettel pensiun musim lalu, dia mengatakan bahwa masih ada hal-hal yang perlu dilakukan di luar lintasan yang akan berdampak pada generasi mendatang. Salah satunya adalah dengan memperjuangkan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com