Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Krisis Menang di MotoGP, Divisi Motor dan Mobil Kerja Sama

Kompas.com - 10/07/2023, 16:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Honda di MotoGP bisa dibilang sedang berada di titik terendah pada musim ini. Pabrikan asal Jepang ini tengah kalah bersaing dengan pabrikan Eropa, sepertu Ducati, KTM, ataupun Aprilia.

Pada MotoGP Jerman pada Juni lalu misalnya, Takaaki Nakagami menjadi satu-satunya pebalap Honda yang berhasil finis, itu pun di posisi 14.

Seperti diketahui, Marc Marquez gagal ikut lomba karena terjatuh saat sesi pemanasan. Sedangkan Joan Mir dan Alex Rins masih dirundung cedera.

Baca juga: Terios Tak Bisa Belok di Tikungan, Innova Zenix Jadi Korban

Logo Honda Racing Corporation (HRC) baru.Foto: Rideapart Logo Honda Racing Corporation (HRC) baru.

Saat ini, Ducati mendominasi MotoGP dan terkadang ada KTM serta Aprilia di barisan depan. Tapi sangat jarang terlihat Honda ataupun Yamaha bersaing untuk podium.

Presiden HRC (Honda Racing Corporation) Koji Watanabe, mengatakan, pihaknya bakal menerapkan kerja sama ang erat antara divisi roda dua dan roda empat untuk mengatasi permasalahan di MotoGP.

“Saat ini kami sedang berjuang di MotoGP, tetapi kami baru saja mulai mengerjakan kolaborasi antara divisi roda dua dan empat untuk pengembangan,” ujar Watanabe, dikutip dari GPOne (10/7/2023).

Baca juga: Pemerintah Minta Penggunaan Sepeda Motor Dikurangi


“Kami perlu meningkatkan sasis, aerodinamika, dan mesin. Dan kami ingin melakukannya ini dengan juga memasukkan teknologi roda empat,” kata dia.

Watanabe menambahkan, dengan melakukan kolaborasi antara divisi roda dua dan roda empat diharapkan pengembangan motor balap MotoGP mengadopsi perspektif yang berbeda.

Meski begitu, pengembangan kolaborasi ini tampaknya tidak akan tercipta dalam waktu dekat. Sebab, tentunya Honda butuh proses untuk keluar dari krisis.

“Kami ingin mengejar ketinggalan dengan rival kami secepat mungkin. Kami akan memasukkan berbagai aspek selangkah demi selangkah, tetapi pada dasarnya kami akan memasukkannya ke dalam motor tahun depan,” ucap Watanabe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com