Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Tidak Mau Ikut Campur Soal Kontrak Kakaknya dengan Honda

Kompas.com - 10/07/2023, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez terus dikabarkan akan keluar dari Honda, sama seperti yang dilakukan oleh adiknya, Alex Marquez. Meski demikian, Alex mengaku tidak ingin ikut campur soal kontrak kakaknya dengan timnya.

Marquez dikabarkan akan pindah tim karena performanya yang tak kunjung kompetitif dengan Honda. Pebalap yang terkenal dengan nomor start 93 ini dihubung-hubungkan terus dengan KTM dan Ducati.

Baca juga: Julukan Baru buat Marquez Setelah Catat Rekor Jatuh Terbanyak

Padahal, kontrak Marquez masih ada satu musim lagi dengan Honda. Kontraknya dengan pabrikan Jepang tersebut baru berakhir di penghujung 2024. Namun, Marquez dikabarkan akan keluar lebih awal.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Berbeda dengan yang dilakukan adiknya, Alex keluar dari Honda dan bergabung dengan tim pabrikan Ducati memang karena kontraknya sudah selesai.

"Saya sudah katakan itu tahun lalu, bahwa saya ingin keluar dari sana. Ada momen ketika saya tidak memiliki motor untuk musim ini," ujar Alex, dikutip dari Crash.net, Senin (10/7/2023).

Baca juga: Kontrak sampai Akhir 2024, Honda Siap Melepas Marquez

Meski tidak ada kejelasan mengenai nasibnya di 2023, tapi Alex nekat ingin keluar dari Honda. Beruntung dia akhirnya bisa mendapatkan tempat di Gresini Racing.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Dengan kabar kakaknya yang terus diberitakan akan keluar dari Honda, Alex mengaku tidak mau mencampuri urusan kakaknya agar pindah ke tim lain.

"Saya tidak akan memasuki pemilihan tersebut. Saya pikir, ini adalah sesuatu yang pebalap harus rasakan. Dia memiliki kontrak, seperti yang dia katakan, jadi ada banyak hal, saya tidak akan merekomendasikan dia harus membatalkan kontrak," kata Alex.

Marc Marquez saat bersiap melakukan kualifikasi MotoGP Jerman 2023 di Sachsenring, 17 Juni 2023. Terkini, Marquez finis di urutan ke-19 hasil gabungan sesi latihan MotoGP Belanda 2023 dan gagal lolos otomatis ke Q2. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)AFP/RONNY HARTMANN Marc Marquez saat bersiap melakukan kualifikasi MotoGP Jerman 2023 di Sachsenring, 17 Juni 2023. Terkini, Marquez finis di urutan ke-19 hasil gabungan sesi latihan MotoGP Belanda 2023 dan gagal lolos otomatis ke Q2. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

"Tapi, Anda selalu harus mengikuti insting Anda dan melakukan apa yang Anda rasakan pada saat itu, seperti yang saya rasakan tahun lalu," ujarnya.

Saat di LCR Honda, Alex jarang sekali bisa finis di sepuluh besar. Musim ini, dia tak hanya sering finis di sepuluh besar, tapi juga memiliki potensi untuk naik podium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com