Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Alphard Generasi Baru Sudah Resmi Terdaftar di Indonesia

Kompas.com - 13/07/2023, 16:06 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai meluncur di global, Toyota Alphard generasi anyar baru-baru ini tertangkap kamera sudah mendarat di Indonesia.

MPV mewah Toyota itu bahkan terpantau sudah terdaftar di Indonesia, tepatnya ada di dalam Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI yang Kompas.com kutip pada Kamis (13/7/2023).

Alphard generasi baru telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 29/DI/2023 yang diumumkan pada 7 Juli 2023 itu.

Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Toyota Shatai Kabushiki Kaisha yang beralamat di Kanayama Ichiriyama-cho, Kariya-shi, Aichi, Jepang.

Baca juga: Kepuasan Ahmad Sahroni dengan RX-King Roni Man, Modifikasi Rp 450 Juta

Dalam data tersebut terlihat juga desain mobil mirip dengan Toyota Alphard yang meluncur di global beberapa waktu lalu. Hal ini terlihat dari desain grille besar, lengkap dengan logo Toyota di bagian fascia nya.

Alphard generasi baru telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 29/DI/2023 yang diumumkan pada 7 Juli 2023 itu. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Toyota Shatai Kabushiki Kaisha yang beralamat di Kanayama Ichiriyama-cho, Kariya-shi, Aichi, Jepang.
pdki-indonesia.dgip.go.id Alphard generasi baru telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri Nomor 29/DI/2023 yang diumumkan pada 7 Juli 2023 itu. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Toyota Shatai Kabushiki Kaisha yang beralamat di Kanayama Ichiriyama-cho, Kariya-shi, Aichi, Jepang.

Pendaftaran merek atau paten memang tidak bisa dipastikan sebagai sinyal peluncuran produk, namun hal ini jadi pintu masuk awal sebelum dipasarkan secara nasional.

Kabar peluncuran Alphard generasi anyar dalam waktu dekat diperkuat dengan pernyataan tenaga penjual Toyota yang menyebutkan bahwa mobil mewah ini bakal di luncurkan pada bulan Agustus mendatang.

“Infonya (meluncur) di GIIAS, antara Agustus atau September. Model baru ini pakai mesin hybrid,” ucap tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Kendati demikian, pihak Toyota Astra Motor (TAM) tampaknya masih enggan merespon terkait kehadiran Alphard baru tersebut.

“Saya belum bisa komentar ya untuk model baru,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/7/2023).

Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi meluncurDok. Toyota Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi meluncur

Mengacu pada spesifikasi global, Toyota Alphard generasi keempat ini sudah mendapat peningkatan dengan pengurangan getaran dan kebisingan, penghematan bahan bakar serta dinamika berkendara.

Alphard generasi anyar ini juga sudah mendapat fitur baru bernama Teammate. Ini merupakan fitur bantuan pengendara level tinggi, yang dapat membantu pengendara untuk parkir dalam kemacetan.

Bicara soal jantung pacu, Toyota Alphard terbaru hadir dalam dua tipe, yakni Z dan Executive Lounge.

Baca juga: Gibran Dorong Kolaborasi Batik Solo untuk Desain Hyundai Ioniq 5

Tipe Z dibekali dengan mesin bensin 2AR-FE 2.5L dan mesin hybrid paralel A25A-FXS 2.5L. Sementara tipe Executive Lounge hanya dibekali dengan mesin hybrid paralel A251-FXS 2.5L.

Sedangkan untuk sistem penggerak rodanya ada tiga pilihan, yakni FWD, 4WD, dan E-Four tergantung tipenya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com