Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan AC Mobil Listrik dan Hybrid Beda dengan Konvensional

Kompas.com - 12/07/2023, 17:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Pendingin udara dalam kabin atau air conditioner (AC) mobil, memerlukan perawatan rutin guna menjaga performanya.

Untuk mobil listrik, AC memerlukan perawatan khusus karena perbedaan prinsip kerjanya dengan mobil konvensional.

Termasuk mobil-mobil hybrid yang punya sistem AC yang berbeda. Tidak lagi menggantungkan sistem pada putaran mesin, kompresornya sudah elektrik mengandalkan baterai.

Secara umum, perawatan AC mobil listrik lebih sederhana daripada mobil konvensional. Lantas, apa saja perawatannya?

Baca juga: Alasan Kenapa Dilarang Mematikan AC Mobil Saat Hujan

Interior mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Donny Interior mobil listrik Toyota bZ4X

Dewa Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan, perawatan AC mobil listrik atau hybrid lebih sederhana, namun butuh memperhatikan hal-hal penting di dalamnya.

“Sama ya, ada filter kabin yang harus dibersihkan rutin atau diganti secara berkala agar sirkulasi udara dalam kabin tetap baik dan sehat,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Rabu (11/7/2023).

Pria yang sudah terbiasa menangani AC mobil listrik ini juga mengatakan, tekanan freon pada AC mobil listrik perlu diperiksa secara berkala untuk menghindari kerusakan komponen lebih cepat.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Tesla Model 3Kompas.com/Donny Tesla Model 3

Tak hanya itu, beberapa komponen AC juga perlu diperiksa kondisinya secara rutin atau dibersihkan, seperti evaporator, kondensor, penggantian oli kompresor, pemeriksaan katup ekspansi, dan sensor-sensor lainnya.

“Sebaiknya penggantian oli kompresor tetap dilakukan secara teratur yaitu per 20.000 Km atau satu tahun sekali, bersamaan dengan pembersihan semua komponennya tanpa harus dibongkar” ucap Dewa.

AC mobil listrik memerlukan oli kompresor dan freon berbeda dengan mobil konvensional. Keduanya tidak bisa dicampur atau asal mengisi dengan jenis freon dan oli kompresor pada mobil konvensional.

Baca juga: Jangan Salah, Rokok Elektrik Juga Bisa Bikin AC Mobil Rusak

“Mahal kalau soal komponennya (kompresor) tapi sejauh ini belum pernah menjumpai kerusakan jadi sepertinya lebih awet karena prinsip kerjanya yang berbeda, ” ucap Dewa.

Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Toyota Yaris Cross

Dewa mengatakan, selama AC digunakan dengan baik, dijaga kebersihan kabin, komponennya dirawat dengan rutin dan benar, tentu akan awet. Jadi meski harga part-nya mahal konsumen mobil hybrid atau listrik tidak perlu khawatir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com