Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carlo Pernat Yakin Tahun Depan Alex Rins Pindah ke Yamaha

Kompas.com - 11/07/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat sekaligus manajer legendaris MotoGP, Carlo Pernat, yakin bahwa tahun depan Alex Rins akan berseragam tim pabrikan Yamaha menemani Fabio Quartararo.

Rins yang saat ini sedang proses penyembuhan cedera memang diisukan bakal merapat ke Yamaha. Tim "garpu tala" ingin mencari pebalap baru buat menggantikan Franco Morbidelli yang performanya tak kunjung membaik.

Baca juga: Jangan Sembarangan Bonceng Anak di Motor

Carlo Pernat Carlo Pernat (Photo Mirco Lazzari gp / Getty Images) Carlo Pernat

"Jelas bagi saya bahwa Rins akan membalap untuk Yamaha tahun depan," kata Pernat, dilansir dari Crash.net, Selasa (11/7/2023).

Manajer Morbidelli, Gianluca Falcioni, sebelumnya yakin bahwa Morbidelli dan Yamaha akan memperpanjang kontrak sebelum liburan musim panas. Namun, rumor yang beredar justru Rins yang akan pindah ke Yamaha.

Saat ini Rins dikontrak di bawah HRC meski berada di tim satelit LCR Honda. Seperti banyak pebalap yang ditempatkan di tim satelit, Rins memiliki klausul 'keluar' lebih cepat pada 2024 jika ditawari kursi di tim pabrikan lain.

Baca juga: Ekspor Motor Semester I/2023 Minus 22 Persen

Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR HondaDok. @alexrins Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR Honda

Sejauh ini Rins berhasil menang di MotoGP Amerika, dan jadi satu-satunya kemenangan Honda di MotoGP 2023. Adapun hasil terbaik berikutnya ialah finis di posisi kesembilan dan belum pernah lebih dari itu.

Rins saat ini absen karena patah kaki di MotoGP Italia, di seri Mugello. Belum ada konfirmasi kapan dia akan kembai balapan, sedangkan di satu sisi sampai dengan tengah musim prestasi Honda terus terpuruk.

Di sisi lain, Morbidelli sang runner-up MotoGP musim 2020, diprediksi jika meninggalkan Yamaha maka akan mengincar kursi satelit Ducati baik di tim Mooney VR46 atau Gresini Racing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com